MotoGP: Ban Sangat Menentukan Kemenangan Marc Marquez Di Austin..!!

image

Brosis, akhirnya Bridgestone angkat bicara tentang race di Austin kemarin. Perlu diketahui ketika race Austin kemarin bukan hanya Valentino Rossi saja yang mengalami ban aus, namun sebagian besar juga mengalami hal serupa. Bridgestone sendiri sudah menyediakan pilihan ban yang akan digunakan yaitu depan: soft dan medium, belakang: medium dan hard (asimetris). Untuk kondisi trek, kering namun lebih dingin dibanding sesi latihan. Ban belakang asimetris ditujukan karena trek banyak tikungan cepat ke kanan sehingga bahu kanan ban diberi lapisan yang lebih keras untuk antisipasi abrasi yang lebih di bahu kanan ban.

Masao Azuma Kepala Engineer, Bridgestone Motorsport
Departemen Pengembangan mengatakan: “Akhir pekan lalu adalah balapan kedua di Circuit of The Americas. Yang mana memiliki kondisi lintasan yang dikembangkan sejak balapan pertama di sini. Tingkat grip trek yang lebih baik dari tahun 2013 tapi secara keseluruhan sirkuit tidak banyak berubah dari tahun lalu. Beberapa pengendara mengalami bump di beberapa bagian trek, khususnya dalam zona pengereman keras tetapi karakter sirkuit pada dasarnya sama. Tingkat grip semakin baik dan fakta bahwa pengendara memiliki Data tahun lalu dan hasil sekarang jauh lebih cepat daripada tahun terakhir. Secara keseluruhan hampir sepuluh detik lebih cepat dari tahun lalu. ”
Sejumlah pabrik Honda dan Pebalap Yamaha mengevaluasi ban belakang tetapi pada akhirnya, hanya satu pembalap Marc Marquez yang memilih ban dengan kompon hard (keras).”
Mengapa demikian? Dia menambahkan,”Kami mengharapkan lebih banyak pengendara untuk
menggunakan ban belakang kompon keras untuk lomba, tetapi karena suhu track adalah dingin, banyak kemungkinan akan hujan, sehingga pembalap beralih ke kompon medium.

Nah loh, siapa yang salah? Sudah di kasih tau masih ngeyel.hehehe..
Sirkuit ini kan memang baru jadi tingkat abrasi pun juga tinggi. Jadi membutuhkan ketahanan ban yang tinggi terutama bagian kanan. Bridgestone juga telah mempersiapkan itu. Dan keputusan Marc tepat, dia menggunakan ban keras yang lebih tahan abrasi. Dan tahun lalu pun dia juga menggunakan kompon keras ini dan membawanya juara. Namun semua pilihan pembalap lain juga bisa benar jika saja waktu itu turun hujan. Maka ban kompon medium akan lebih mumpuni.

So, kejelian dalam memilih ban sangat berpengaruh disini, semoga nanti tahun depan bisa jadi data acuan oleh para pembalap. IMHO

Semoga berguna,

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

2 tanggapan untuk “MotoGP: Ban Sangat Menentukan Kemenangan Marc Marquez Di Austin..!!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.