FDR Perkenalkan Teknologi Eco Smart Tire Pada Produknya

image

Anangcozz – PT Suryaraya Rubberindo Industries selaku produsen ban FDR memperkenalkan teknologi terbaru, Eco Smart Tire (EST) di Jakarta, Jumat (11/7). “Eco Smart Tire adalah teknologi ban terbaru yang diaplikasikan di ban FDR untuk menghasilkan ban yang dapat menghemat konsumsi bahan bakar,” kata Herry Junaidi, direktur marketing PT SRI. FDR memperkenalkan teknologi EST ini
sebagai bentuk kepedulian FDR terhadap kelestarian lingkungan.

“Kebijakan ini sejalan dengan isu-isu yang berkaitan dengan lingkungan saat ini dan kebijakan Astra Internasional yang berkaitan dengan Green Environment,” katanya.

Berbeda dengan yang lain, kata Herry, Eco Smart Tire merupakan salah satu teknologi FDR sehingga tidak hanya melekat di satu pattern saja. “Nantinya teknologi ini bisa diterapkan di ban-ban harian FDR lainnya, tentunya dengan melihat dari permintaan pasar,” kata Herry.

image

Tipe Facio

Pada tahap pertama, teknologi EST ini akan dilansir ke pasaran melalui pattern Facio yang tersedia dalam ukuran 80/90-14 dan 90/90-14. Ban FDR dengan teknologi EST ini menggunakan material kompon yang berbeda dengan ban regular sehingga memberikan koefisien gesek ban dengan aspal yang lebih rendah. “Koefisien gesek rendah ini mengakibatkan daya gelinding ban menjadi semakin ringan dan jauh yang pada akhirnya konsumsi bahan bakar jadi lebih hemat,” kata Jimmy Handoyo, technical service and development department head.

Salah satu pengujian yang dilakukan adalah dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Dalam pengujian yang menggunakan metode pengujian full to full, ban FDR dengan teknologi EST bisa menghemat bahan bakar hingga 7,1%. “Tentu saja gaya mengemudi dan kondisi jalan akan turut pengaruhi konsumsi bahan bakar namun, dengan menggunakan ban FDR berteknologi EST ada penghematan bahan bakar,” kata Jimmy lebih lanjut.

image

Nah, untuk harga resmi produk ini baru diumumkan setelah lebaran. “Karena distribusi ban Facio ECT baru dilakukan September dan November. Dan kemungkinan akan ada selisih harga sekitar 10-15 persen lebih mahal dari Facio reguler.”Jimmy Handoyo, Technical Service and Development Dept. Head PT SRI menambahkan jika ban yang dipajang saat ini masih bertipe dummy dan belum produksi massal.

“Memang nantinya akan tetap sama seperti yang dipajang, tapi di pabrik sendiri memang ban Facio ECT belum di produksi,” ujarnya.
Alasan lamanya produksi ban ini sendiri lebih pada faktor padatnya volume produksi ban reguler. Sehingga, Facio ECT baru akan diproduksi pada bulan Agustus.

#otomotif.net

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

6 tanggapan untuk “FDR Perkenalkan Teknologi Eco Smart Tire Pada Produknya”

  1. Hati-hati, koefisien gesek (f) rendah sama dengan daya cengkram berkurang, alias ban jadi lebih licin. Mungkin untuk menghemat mereka pakai kompon ban yang lebih keras, sehingga ban tidak cepat gundul, tapi efek sampingnya ya mudah slip.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.