Honda CB150R Facelift Memakai Sistem Injeksi Close Loop

image

Brosis, kehadiran sport fairing CBR150R lokal ternyata berbuah manis pada saudaranya CB150R yang rencananya akan mendapatkan penyegaran yang cukup signifikan. Ada beberapa komponen yang mendapat penyempurnaan nantinya menggunakan common part dari CBR150R lokal.

Sudah dibahas dibeberapa artikel sebelumnya (facelift-honda-cb150r-tutup-tangki-rata-plus-ban-gambot)penyempurnaan antara lain tutup tangki rata dan pelek tapak lebar satu lagi disini honda-cb150r-facelift-adalah-varian-baru-cb150r-saat-ini. Dan satu lagi  bocoran baru jika CB150R facelift akan menggunakan sistem injeksi close loop seperti CBR150R rakitan Thailand. Bedanya, sistem injeksi CB150R belum close loop. Sedang CBR150R rakitan lokal sudah close loop.
image
close loop cbr150r
image
open loop cb150r

Bila dibandingkan dengan CBR150R rakitan Thailand yang juga sudah close loop, posisi 02 sensor pada sistem injeksinya berubah. Pada CBR150R asal Thailand, sensor O2 ada di silinder head, sedang pada CBR150R buatan Indonesia 02 sensornya diletakan di leher knalpot. Jika diaplikasi pada CB150R tentunya
akan sangat mudah karena tinggal memasang sensor 02 di leher knalpot tanpa merubah konstruksi kepala silinder. Mengingat basis mesin keduanya pun identik.  Honda CB150R street fire saat ini masih menggunakan injeksi open loop.

image

Perlu diketahui Sensor O2 ini tugasnya adalah sebagai kendali Feedback yang mengukur tingkat kepekatan kadar emisi gas buang. Bila Emisinya kurang baik maka sensor akan memberikan info ke ECU agar melakukan upaya untuk membuat emisi lebih ramah lingkungan.

Ternyata kehadiran Honda CBR150R lokal membawa angin segar bagi CB150R. Tentunya nilai valuenya pun bertambah, semakin gagah dengan pelek lebar tentunya sesuai dengan keinginan konsumen. Tanda2 AHM mulai mendengar aspirasi konsumen nih.. 😀

Jadi, kita tunggu saja peluncuran si CB150R facelift. Kapan?ya ditunggu saja, sabar, bisa saja nanti dikenalkan di acara Indonesia Motor Show September mendatang. CMIWW…

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.