Komparasi Spesifikasi Engine CBR150R VS CB150R!!

image

Brosis, tentu banyak pertanyaan tentang dapur pacu All New CBR150R dengan adiknya CB150R yang sudah berlalu lalang di jalanan. Seperti kita ketahui dua motor sport tersebut memiliki spek yang hampir identik. Mengusung mesin ber-DNA motor balap 4-stroke, 150cc, DOHC, 4-valve, 6-speed, berpendingin cairan (liquid-cooled).

Identik namun belum tentu sama, Honda mengklaim bahwa All New Honda CBR150R tercatat memiliki performa tinggi;
Power: 12,6 kW(17,1PS)/10.500 rpm
Torsi: 13,0Nm/7.500 rpm.
Berat: 143 kg

image

Coba bandingkan dengan CB150R, Power: 12,5 kW (17,0 PS)/ 10.000 rpm
Torsi: 13,1 Nm (1,34 kgf.m)/ 8.000 rpm
Berat: 129 kg

image

Dari spek tersebut bisa kita simpulkan bahwa CBR150R lebih bertenaga daripada CB150R, dan mengejutkan lagi ternyata Torsi CBR150R juga lebih mudah tercapai pada rpm rendah. Ini berarti meski memiliki power besar namun CBR150R juga gak kalah galak hentakannya di putaran bawahnya. Dan mungkin AHM memang sudah meracik CBR150R ini sedemikian rupa mengikuti karakter jalanan di Indonesia yang stop and go sehingga torsi lebih berperan disini daripada power.

image

Ini penjelasan dari Honda Deputy General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor Thomas Wijaya, “Setingan ECUnya berbeda, final gear ratio berbeda. Setingan ECU berkaitan dengan power yang lebih optimal namun Fuel Consumption tetap efisien. Sedangkan gear ratio untuk meningkatkan akselerasi dan performa di putaran bawah,” ujarnya.

Meski basis mesinnya sama All New CBR150R memiliki beberapa pengembangan seperti perubahan setingan mesin dan PGM-FI dengan menggunakan O2 sensor dan katalisator.

Untuk rangka, kedua model motor ini menggunakan basis desain yang sama namun CBR 150R memiliki beberapa pengembangan seperti pada stay cover bodi dengan menggunakan steering stem, rear swing arm yang lebih besar dan sanggup untuk menunjang ukuran ban serta pelek yang lebih besar serta tidak ada nya standar tengah.

image

Nah, gimana brosis,, gamblang to. Identik namun tak sama. Buat yang demen tarikan awal yang jozz tapi power mumpuni CBR150R tak kalah galak dengan CB150R. So, meski dilahirkan dengan basis mesin sama, ada differensiasi diantara keduanya.
Monggo..dipikir sambil tidur aja. 😀

Iklan

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang dari desa Lebak Harjo. Bekerja sehari hari sebagai karyawan perusahaan percetakan di surabaya. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle.. :mrgreen: monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata, dunia maya maupun dunia gaib...auuuuu hehehe. Sobat2 sekalian jika ada kritik dan saran yang membangun, informasi bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.