Bahan Bakar Minyak (BBM) Naik 3000 Rupiah Bulan November

image

Anangcozz-Berita kenaikan BBM ternyata sudah ramai. Media-media sudah banyak memberitakan hal tersebut. Di awal-awal pemerintahan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) telah memastikan akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada tanggal 31 Oktober 2014. Dan harga baru akan berlaku mulai 1 November. Kabarnya akan naik 3000 rupiah per liternya.

Wacana kenaikan BBM ini sebenarnya sudah dari tahun-tahun sebelumnya. Berbagai cara ditempuh untuk menutup defisit anggaran negara. Salah satunya dengan mencabut subsidi BBM. Namun hal tersebut tidak serta merta dilakukan, perlu beberapa tahapan kenaikan dilakukan sedikit demi sedikit agar akibat yang ditimbulkan tidak terlalu parah.

Sebagai antisipasi, pemerintah telah menyediakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat miskin.

“Ini seperti rencana semula, naik Rp 3.000 per liter,” ujar seorang sumber. Ini artinya, BBM bersubsidi akan naik 46,1 persen, dari Rp 6.500 menjadi Rp 9.500 per liter. Kenaikan ini akan menghemat anggaran tahun ini sebesar Rp 20 triliun. Bersamaan dengan kenaikan harga BBM, pemerintah akan memberikan bantuan ke masyarakat miskin. Ada 20 juta keluarga miskin yang akan mendapatkan “guyuran” dana dari pemerintah. Jumlah ini naik dari jumlah orang miskin penerima kompensasi kenaikan harga BBM dua tahun lalu yang hanya 15,5 juta kepala keluarga.

Kenaikan BBM memang menjadi masalah yang rumit. BBM sudah menjadi kebutuhan pokok dinegara kita. Semua mobilitas masyarakat bergantung pada BBM. Dengan adanya kenaikan maka dampaknya akan meluas menyangkut banyak aspek.
Tapi jika tidak dinaikkan negara sendiri yang menanggung beban…

Hanya bisa berharap kepada pemerintahan baru agar bisa menyelesaikan masalah ini sebaik mungkin. Rakyat kecil sudah terlalu sengsara…sedangkan orang-orang kaya lupa akan kewajiban atas hartanya.

Judule “cobalah mengerti”…itu saja.

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

10 tanggapan untuk “Bahan Bakar Minyak (BBM) Naik 3000 Rupiah Bulan November”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.