Ban Motor Benjol-Benjol, Apa Penyebabnya??

image

Anangcozz-Pernah mengalami ban sepeda motor benjol-benjol?? Ban terlihat seperti kena penyakit aneh yang mungkin bisa kronis 😀 . Gak harus ban berumur lama, terkadang ban yang masih belum lama dipakai pun bisa mengalaminya. Dan kalau sudah begitu, pasti motor sudah gak nyaman lagi kan dipakai…lewat jalan mulus kayak lewat jalan bergeronjal 😆 selain itu dilihat pun rasanya udah gak enak dipandang. Terus kenapa bisa begitu?apa penyebabnya?

Teman kerja saya pernah mengalaminya. Ban belakangnya benjol-benjol, jumlah benjolan lumayan banyak. Karena memang tidak tahu, ya sudah, ban diganti baru. Malah sebelumnya sempat berfikir jika ban motor mungkin kena minyak tanah, atau melewati jalan berminyak (gak cuma kulit aja ya yang berminyak :mrgreen: ). Nah ternyata brosis, anggapan itu bisa juga benar tapi ya jarang sekali terjadi kecuali kita memang sengaja mengolesi minyak tanah ke ban 😀 .

Penyebab yang sering terjadi bukanlah karena ban kita kena minyak, melainkan karena tidak menjaga tekanan angin pada ban. Ketika ban motor kita kurang tekanan angin, jika terkena lubang atau jalan yang berbatu akan menyebabkan muncul benjolan pada dinding ban. Karena saat kempis dinding ban tidak sekuat saat tekanan anginnya normal. Cara mengatasinya jika kondisi ban tidak terlalu parah bisa dengan menusuk bagian benjolan dengan jarum atau peniti. Setelah itu bagian yang benjol tadi di tekan-tekan sampai rata kembali. Tapi kalau parah, mending ganti baru lagi saja lebih aman.

Penyebab lain, bisa karena umur ban sudah tua. Elastisitas ban menjadi berkurang. Sehingga tidak bisa lentur lagi setelah lama hingga bertahun-tahun digunakan.

Jangan lupa lakukan pengecekan tekanan angin ban minimal sebulan sekali brosis, karena normalnya tiap satu bulan, tekanan angin akan berkurang hingga 1 psi. Nah, gimana brosis??pernah mengalami…share yuk.

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

16 tanggapan untuk “Ban Motor Benjol-Benjol, Apa Penyebabnya??”

      1. Pernah bro dulu di mio, dalam pikiran ane sih kirain abis melibas minyak gitu. Kalau di supra fit malah lain lagi, ban ane bisa kempot ke dalam.

      2. Ane juga heran itu kenapa sebabnya ya. Padahal kalo dilihat dr luar alurnya masih bagus, tapi pas dipegang bagian dalamnya nggak ada, jadi pas alur luar itu langsung ban dalam. Aneh..

  1. Yup, pernah ban XXX baru 6000km benjol, setelah menikung di bundaran simpang lima langsung benjol.
    Waktu dicek di Planet ban, ban tersebut keluaran baru, tekanan normal.
    Gimana jal?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.