Inilah 6 Motor Legendaris Honda Bersama Repsol Diajang MotoGP

image

Brosis-Mengisi waktu libur akhir musim MotoGP, menyambut musim baru 2015, tidak ada salahnya kita mengunjungi @Box Repsol. Disana kita diajak untuk flashback bersama motor-motor juara Honda yang telah melegenda. Ada 6 motor legendaris yang mengisi kejayaan Honda hingga kini bersama Repsol. Motor apa saja itu??

Honda NSR500
Debut pertama pada tahun 1984, honda berhasil mengembangkan mesin Big Bang pada motor NSR500 pada tahun 1992. NSR500 dengan mesin 2Tak V4 meraih puncak kejayaan pada masa Mick Doohan. Empat gelar juara dunia MotoGP berhasil diraih Doohan secara beruntun (1995-1998). Dengan power lebih dari 180HP sangat agressif menuntut skill mumpuni untuk menjinakkan NSR500 ini.

image

Selain Doohan, Alex Criville pembalap Spanyol yang juga rekan setim Doohan berhasil menambah gelar juara pada tahun 1999 dengan NSR500 juga.

image

RC211V
Dengan regulasi baru yang mewajibkan menggunakan mesin 4Tak, Honda Jepang mengembangkan mesin baru yang diberi nama RC211V. Inilah kelahiran mesin 4Tak Honda RC211V V5 engine berkapasitas 990cc. Valentino Rossi, yang tidak diragukan lagi sebagai legenda MotoGP pernah merasakan manisnya gelar juara bersama Honda(2002-2003) sebelum akhirnya berkelana dengan pabrikan lain.

image

Nicky Hayden merupakan pembalap selanjutnya yang berhasil meraih titel juara dunia bersama RC211V. Dengan meneruskan pengembangan mesin dari Valentino Rossi, Hayden juara dunia di tahun 2006.

image

RC212V
Casey Stoner saat pertama kali bergabung dengan Honda pada 2011, langsung merasa nyaman dengan RC212V. Dengan regulasi baru, kapasitas silinder maksimum 800cc, Honda mengembangkan mesin V4 baru, dengan meningkatkan elektronik, menggunakan sistem katup pneumatik dan membuat perbaikan ke
sistem kontrol traksi, semua ini untuk membuat motor lebih mudah dikendalikan. Sebagai catatan tahun 2011, Honda pertama kali memasukkan Seamless Shift Gearbox.

image

RC213V
Regulasi baru dengan kapasitas mesin kembali lagi ke 1000cc, Honda mengembangkan mesin V4 1000cc baru. Marc Marquez yang melakukan lompatan dari Moto2 langsung ke pabrikan, langsung berhasil menjadi juara di 2013-2014. Honda bekerja sama dengan Repsol telah melakukan pengembangan besar terutama pada katup pneumatik terbaru, dan juga sasis. Power mesin RC213V melonjak hingga 230HP, meskipun dengan adanya pembatasan bahan bakar.

image

Nah, itulah 6 motor legendaris, motor juara Honda diajang MotoGP. Keenam motor tersebut akan selalu menjadi legenda sepanjang masa. Bagi fans Repsol Honda MotoGP tentunya sangat paham betul dengan keenam motor tersebut…mana motor jagoanmu?? :mrgreen:

Iklan

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang dari desa Lebak Harjo. Bekerja sehari hari sebagai karyawan perusahaan percetakan di surabaya. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle.. :mrgreen: monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata, dunia maya maupun dunia gaib...auuuuu hehehe. Sobat2 sekalian jika ada kritik dan saran yang membangun, informasi bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.