First Ride Yamaha Mio M3 125 Bluecore, Handling Mantab Performa Lebih Oke

image

Anangcozz-Hari Rabu 25-Desember kemarin, ACB berkesempatan untuk mengeksplorasi skutik terbaru Yamaha yaitu Yamaha Mio M3 125 bluecore. Bertempat di daerah Sepanjang Sidoarjo dekat dengan perumahan dan pabrik daerah situ, ACB bersama rekan blogger Surabaya dan Sidoarjo yang lebih senior sepertiPotrebikers, cicakkreatip, motorrio, dan Ndeso94 berhasil mengupas tuntas handling, performa, dan desain sang skutik Yamaha Mio M3 125. Unit tes sendiri adalah unit pinjaman dan PT.STSJ-Surabaya selaku main dealer Yamaha Jatim-Kaltim. Penasaran monggo dilanjut… 😀

Mengusung teknologi bluecore, Mio M3 menjadi motor skutik tanah air pertama yang mengaplikasikan teknologi bluecore. Dengan teknologi Bluecore Mio M3 diklaim lebih irit dari generasi Mio sebelumnya, handal dan bertenaga. Yuk, tanpa babibu ikuti ACB langsung betot skutik tersebut, cekidot:

Handling (5)
Dengan postur tubuh ACB yang tidak terlalu tinggi 165cm berat badan 55kg, desain Mio M3 sangat kompak dan pas saat pertama ACB naik diatasnya. Kaki napak kuat ditanah, view setang dan spedometer tampak mungil tapi jelas. Langsung saja ambil kontak dan starter…cezzz..getaran mesin terasa halus. Mengambil rute yang tidak terlalu panjang, namun sudah bisa untuk memberi penilaian handling. Di poin inilah ACB acungi jempol, handling Mio M3 sangat nyaman, dan lincah saat bermanuver dengan bobot sepeda yang ringan. Melewati kontur jalan yang bergelombang, dan banyak polisi tidur di perkampungan, serta jalan yang berkelok-kelok, ACB tidak mengalami masalah soal handlingnya. Joknya terasa nyaman sekali, lebih lebar, dan busanya agak lebih padat sehingga untuk perjalanan jarak jauh sepertinya OK wae lah. 😀

Performa (4)
Menggunakan teknologi Bluecore kubikasi mesin dinaikkan menjadi 125cc. Di sinilah yang paling membuat ACB penasaran terutama akselerasinya. Dan langsung saja beberapa kali ACB betot gas dalam-dalam, mencari feeling performa mesin yang digadang-gadang lebih powerful terutama di tarikan awalnya. Hasilnya, cukup memuaskan. Dengan power yang lebih besar 9,52PS@8000rpm power memang terasa tidak terlalu banyak berubah signifikan, jika dibandingkan Mio generasi lawas yang menggunakan mesin 115cc. Hentakan awal saat membuka gas terasa nyendhal, lebih maknyus dari Mio lawas, setelah itu power terasa datar saja. Tes kali ini ACB tidak bisa mengeksplor lebih jauh soal top speednya karena keterbatasan jarak rute. Tarik gas mentok 80kpj on the speedometer trek lurus sepanjang 200 meter-an sudah habis…yahh. 😦

Satu lagi yang ingin ACB coba adalah fitur ECO riding. Salah satu fitur yang bisa digunakan untuk memantau gaya berkendara agar motor lebih irit. Ada Eco indikator yang terletak pada spedometernya disebelah kiri atas. Eco Indikator akan menyala saat kita pertama kali hidupkan mesin, dan indikator akan mati jika kita terlalu dalam membetot gas, atau kecepatan melebihi 60kpj. Dan prakteknya,… benar saja, ketika ACB tarik terlalu dalam, indikator langsung mati. Menarik gas harus perlahan dan ACB berhasil mencatat kecepatan hingga 50kpj…susah mencapai 60kpj. Dengan gaya berkendara ACB selama ini memang susah diterapkan untuk ECO riding. Harus lebih sabar… :mrgreen:

Desain (5)
Menyasar kelas skutik entri level dengan konsep desain tanpa kompromi, Mio M3 125 memang terlihat sporty, dan trendy. Desainnya kompak dan pas tidak kedodoran. Desain sporty dipertegas dengan garis-garis tajam pada setiap lekukan bodi. Desain sirip yang lebih mirip dengan GT 125 dibagian samping dek tengah memberikan kesan tajam dan sporty. Semua mengalami perubahan total, kecuali stoplamp yang masih mirip Mio GT. Handle model baru berbentuk huruf M. Namun ACB sedikit celingukan ketika tidak menemukan nama “M3” pada bodinya, hanya terlihat tulisan Mio dan di lanjutkan ‘M…’ :mrgreen:
Saat pertama kali naik, beberapa kali kaki ACB nyanthol didek tengahnya…apa kaki ACB yang kepanjangan atau mungkin bisa karena desain dek tengahnya yang lebih sempit. Namun desain dek tengahnya mantab…viewnya dapet.

image

Berikut ini adalah detail Mio M3 125 bluecore, lebih dekat dan lebih detail:


Baca juga:

Iklan

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang dari desa Lebak Harjo. Bekerja sehari hari sebagai karyawan perusahaan percetakan di surabaya. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle.. :mrgreen: monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata, dunia maya maupun dunia gaib...auuuuu hehehe. Sobat2 sekalian jika ada kritik dan saran yang membangun, informasi bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

8 tanggapan untuk “First Ride Yamaha Mio M3 125 Bluecore, Handling Mantab Performa Lebih Oke”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.