Iklan

Apa Benar Letak Aki Matik Honda Di Dek Bawah Motor Adalah Penyebab Mogok Saat Banjir??

image

Anangcozz-Brosis, musim penghujan seperti ini kita selalu was-was saat mau bepergian dengan motor matik karena takut mogok ketika melintasi genangan air dijalan. Terutama matik Honda 😆 lhoh kenapa??Beberapa foto matik Honda mogok diunggah di media sosial menjadi perbincangan seru akhir-akhir ini. Tidak ada yang tahu penyebab mogoknya, semua hanya berspekulasi saja. Tapi beberapa komentar mengatakan jika penyebabnya adalah aki-nya yang terendam air. “Katanya” sih karena letak aki-nya didek bawah motor menjadi permasalahannya. Tidak ketinggalan juga iklan-iklan BC pun menyoroti letak aki matik Honda tersebut. Lalu apakah benar seperti itu?? Apa kata AHM tentang hal ini??

Nah, kali ini saya akan sedikit membahas tentang penempatan baterai/aki pada jenis matik Honda ini yang terletak di dek bawah motor. Apakah benar penempatan aki tersebut yang menjadi biang kerok matik Honda mogok sembarangan??

Nah, di acara Gathering Jatimotoblog dan MPM Surabaya ACB sempat bertanya pada Bapak Muhdori selaku Service Engineer MPM motor Jawa Timur tentang penempatan aki tersebut.

Beliau menjelaskan bahwa penempatan aki didek bawah itu telah diperhitungkan keamanannya…dan Honda juga memastikan jika aki aman meski sampai tenggelam di air karena aki terlindungi oleh cover. Dengan syarat pemilik motor tidak melakukan modifikasi pada cover penutup akinya. Misalnya melubangi atau merubah tutupnya. Perhatikan tempat dan cover aki pada matik Honda Beat berikut ini:

image

image

image

image

Cover aki menggunakan pelindung plastik berbentuk wadah yang didesain sedemikian rupa agar menutupi rapat bagian samping dan bagian vitalnya yaitu bagian atas aki.

image

image

image

Bagian bawah juga tertutup, hanya menyisakan lubang untuk tempat lewat kabel, dengan begitu ruang didalam cover akan kedap air sehingga air tidak akan bisa masuk hingga atas karena ada udara didalam cover aki tersebut.

Sebagai ilustrasi, kita bisa melakukan percobaan dengan menggunakan gelas kosong. Gelas tersebut dimasukkan kedalam air dengan mulut gelas menghadap ke bawah. Apa yang terjadi??air tidak akan bisa masuk ke dalam gelas…kenapa??karena di dalam gelas ada udaranya.

image

Seperti itu juga prinsip kerja tutup aki pada matik Honda.
Bahkan MPM sendiri memberikan demonstrasi sebuah video yang memperlihatkan aki bersama tutupnya yang ditenggelamkan didalam air, dan terbukti air tidak masuk kedalam bagian atas aki. Tapi sayang ACB tidak memiliki video demo tersebut. Tapi yang jelas di video tersebut, aki aman saja tidak masalah ketika terendam di dalam air.

Tujuan utama penempatan aki tersebut adalah memusatkan titik berat motor agar lebih stabil dan juga lebih efisien tempat tentunya. Nah, karena itulah Honda meletakkan aki di dek bawah motor. Semua sudah di atur sedemikian rupa untuk mengantisipasi resiko yang akan terjadi.

Jadi, jelas kan….??anggapan jika letak aki Honda menjadi penyebab mogok itu tidak mutlak benar, asalkan tidak merubah bagian-bagian aki terutama cover tutup aki-nya. Dan kalaupun ada matik Honda yang mogok pun belum tentu itu gara-gara akinya. Bisa saja karena kriteria untuk mogok lainnya terpenuhi, misalnya businya basah, air masuk knalpot, dll… dan semua motor tentunya memiliki resiko yang sama.

Piye brosis?? Pernah mengalami Matik Honda mu mogok karena aki terendam air?? :mrgreen:

image

Iklan BC Yamaha

Musim hujan gini kesempatan baik bagi para oknum-oknum untuk menyebarkan BC..jadi lebih baik pahami dulu penyebabnya jangan asal percaya BC iMHO…

Semoga berguna.

Artikel lain:

Iklan

16 responses

  1. Kalo aki kerendem air mogok mah dijamin udah konslet, kalau konslet sekring putus, kalau putus mau di selah sampai boncos ya gak bakal idup lagi mestinya sampai sekring diganti…atau diakalin….paling2 karena kop busi kecipratan air….

  2. Ping-balik: Uji Ketangguhan Mesin, Honda Beat Direndam Dalam Air | AnangCozz's

  3. Berarti vario 125 PGM F1 ga bisa modif pake klason keong ya Kang…..karena salah satu sekun dari relay harus masuk ke accu (plus)….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: