Kehadiran Yamaha Nmax Tidak Akan Terlalu Berpengaruh Pada Market Honda Vario 150

image

Anangcozz-Brosis, kehadiran skutik gambot kelas premium Yamaha NMax kemarin cukup menyita perhatian. Bahkan cukup membuat pesaing terdekatnya ketar ketir ketika patokan harga NMax hanya berkisar 27 jutaan. Tentu saja ini adalah angin segar untuk persaingan di segmen skutik premium tanah air. Dengan harga yang lebih terjangkau, akan memberi pressure pada produk lain untuk mengkoreksi harganya.

Yang paling kelihatan dampaknya adalah untuk segmen skutik premium. Dimana saat ini untuk segmen 150cc ada Honda PCX yang sudah lama malang melintang di jalanan. Sebelum datang NMax, PCX masih adem ayem saja meski dari sisi harga tergolong mahal, sekitar 38 jutaan. Tidak ada cara lain selain melokalkan produksi PCX bagi Honda, jika ingin menyelamatkan pasar skutik premiumnya. Sehingga harga bisa ditekan seperti halnya NMax.

Lalu bagaimana untuk Vario 150??pasti ada pengaruhnya, tapi mungkin tidak terlalu parah. Karena keduanya memiliki beberapa perbedaan yang jelas antara lain:

Harga,
Harga keduanya memiliki rentang harga cukup jauh, Vario 20juta – Nmax 27juta. Jelas akan membuat konsumen pikir-pikir…selisih 7 juta sudah dapat matik 150cc.

Desain,
Desain keduanya memiliki karakter berbeda. Vario berkarakter tajam dan desainnya anak muda banget. Sedangkan NMax lebih ke karakter elegan dimana mengutamakan kenyamanan dan kemewahan. Jadi peminatnya pun akan berbeda.

Kelas,
Meski dengan mesin 150cc, kelas keduanya berbeda. Jelas NMax lebih berkelas dari Vario. Nilai prestige-nya pun berbeda. Dengan desain khas Max series yang sudah tenar di Eropa, Nmax lebih mewah jika dibandingkan Vario yang lebih terlihat sebagai skuter matik biasanya. Fitur-fitur berkelas pun tertanam pada Nmax misalnya ABS dan VVA.

Itulah beberapa perbedaan dari keduanya. Meski dengan kubikasi mesin hampir sama, tapi target pasar NMax dan Vario jelas berbeda. Jadi ibaratnya masing-masing memiliki jalur yang berbeda dan market yang berbeda pula.

Tapi tentunya jika Nmax masih diharga 27 jutaan…jika nanti Yamaha meluncurkan Nmax versi non-ABS yang lebih murah, tentu persaingan pasar bisa berubah lagi. Bahkan bisa jadi market Vario 150 akan terancam juga. IMHO.

Artikel lain:

Iklan

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.