Uji Tes Konsumsi BBM Honda CB150R, Melintasi Jalur Perbukitan Malang Selatan!!

image

Anangcozz-Brosis, hari Selasa kemarin ACB bersama istri bertolak dari Surabaya ke Malang selatan untuk menghadiri acara pernikahan saudara di kampung halaman ACB Desa Lebak Harjo, Ampel Gading-Malang. Jarak perjalanan ke rumah di Malang kurang lebih sekitar 150 km. Nah, mumpung ada kesempatan turing jauh, ACB sekalian ngetes BBM si Cebong. Sudah genap berumur 5 bulan si Cebong masih standar, dan gak pernah di modifikasi apapun belum pernah tes BBM. Penasaran berapa kira-kira konsumsi BBM-nya??

Selama 5 bulan diajak muter-muter angka odo pada spedometer menunjukkan angka 4318 km setelah turing, lumayan masih sedikit. Baru servis 2 kali…Metode tes saya ambil yang paling gampang saja dan gak butuh alat-alat ukur yang canggih. Saya pakai cara full to full seperti yang dilakukan beberapa blogger papan atas lainnya soal tes BBM. BBM yang saya gunakan adalah Pertamax 92. Karena kebiasaan si Cebong dari awal dikasih pertamax. Pernah juga pakai premium, tapi rasa memang gak pernah bohong, pakai pertamax si Cebong lebih halus mesinnya daripada pakai premium. Toh sekarang harga pertamax juga lebih terjangkau jadi lebih irit di kantong.

Langsung saja ACB berhenti di SPBU di Bypass Juanda dan isi Pertamax 92 full. Reset trip A mulai dari nol ya…hehehe. Udah gitu, pukul 5:51 pm kita langsung geber si Cebong pulkam ke Malang.

image

Perlu diketahui berat badan ACB sendiri 57kg, istri 60kg plus tas ransel sekitar 5kg. Gaya berkendara ACB seperti biasa sehari-hari. Jadi gak sungkan-sungkan jika keadaan sepi langsung betot gas. Topspeed maksimal kemarin sampai 115kpj, lebih dari itu gak berani, speed segitu saja sudah dijewer sama istri :mrgreen:  Pokoknya gak ada istilah pelan-pelan biar ngirit, karena ACB juga harus cepat sampai dirumah karena perjalanan biasanya hingga 4 jam, takut terlalu malam sampai rumahnya.

Untuk medan perjalanan sendiri dari Surabaya ramai lancar hingga kota Malang. Sedikit macet di Sidoarjo karena genangan air di jalan bekas hujan. Hingga daerah Pandaan sampai Malang lancar. Tapi setelah sampai di daerah Malang selatan, Dampit, Sumber rejo, jalanan mulai banyak berkelok-kelok. Dan yang paling parah ketika masuk desa Sonowangi, 23 km dari rumah ACB jalanan aspal sempit, berkelok-kelok dan juga naik turun bukit yang curam. Jarang sekali ada rumah di sekitar jalan, hanya hutan belantara. Karena untuk sampai di kampung ACB, kita harus masuk hutan dulu baru sampai…maklum orang pinggiran. Hehehe…

image

image

image

image

Akhirnya sampai juga di kampung jam 9:30 PM. Tak terasa perjalanan memakan waktu hingga 3,5 jam dari Surabaya ke rumah ACB di kampung. Lumayan cepat, dulu masih pakai bebek biasanya hingga 4 jam perjalanan.
Satu hari dirumah, si Cebong masih diajak keliling-keliling desa, dan sempat dua kali naik turun bukit sejauh 23 km tadi. Nah, hari kedua, saatnya ACB pamitan ma ortu berangkat mencari dolar lagi di kota.

Coba tengok spedometer, BBM masih tinggal 4 strip bro…ya sudah langsung tancap gas balik lagi ke Surabaya. Beberapa kali berhenti di SPBU di daerah Malang Selatan, BBM jenis Pertamax 92 tidak ada atau tidak menjual. Jadi lanjut terus sampai di SPBU Talok, Turen. Alhamdulillah,…ada Pertamax. Tinggal 3 strip bro…langsung isi full tank lagi. Dan minta struk kepada mbak kasirnya…jreeennnnggg.
Ternyata…

image

Terus cek Trip A yang kemarin lusa di setting, tertera 250,3 km. Jadi perjalanan ACB dari SPBU Bypass Juanda balik lagi sampai Turen sejauh 250,3 km. Langsung saya jepret struk dan Trip A tadi untuk di hitung berapa hasil uji tes konsumsi BBM si Cebong ini….

image

Si cebong menempuh jarak 250,3km selama 2 hari dan telah menenggak Pertamax 92 sebanyak 7,428 liter. Jadi, kalau di hitung kita dapatkan 250,3km/7,428l = 33,7 km/l

image

Wewww….seliter Pertamax 92 mampu menempuh 33,7km. Lumayan lah..mengingat medan dan beban barang-barang yang di bawa ACB…kekekekek. Perbukitan Malang Selatan di libas sama cebong. Mungkin brosis ada yang pernah melintas daerah situ??

image

Demikian brosis turing ACB bersama istri pulang kampung halaman selama dua hari kemarin :mrgreen:

Artikel lain:

Iklan

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

6 tanggapan untuk “Uji Tes Konsumsi BBM Honda CB150R, Melintasi Jalur Perbukitan Malang Selatan!!”

  1. Manteb, saya pernah bawa CB dari Denpasar ke Tempursari Lumajang, lalu main2 ke Malang liwat jalur menanjak sama seperti pada gambar jalan sempit dan tanjakan curam tembusannya Ampel gading, lalu menuju Dampit, tolal Tempursari – Malang (kota) PP 100km isi Pertamax pulangnya Pertamax Plus isi di POM Turen

  2. Jika dibanding vixion, ternyata lumayan boros juga… Tapi gak ada yg bisa ngalahin borosnya FU yg nyaingin borosnya ninja 😀
    Dan verza tetap yg paling irit 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.