Bayar Pajak Motor Di Kantor Samsat, Makin Gampang Bro!!

image

Anangcozz-Mau bayar pajak motor di kantor Samsat kini semakin mudah bro alias gak pake ribet… ACB sendiri baru saja memperpanjang pajak tahunan motor jadul ACB di kantor Samsat di Karang Ploso, Malang.

Sebenarnya bayar pajak tahunan motor bisa saja dilakukan di Samsat Corner dipusat belanja atau di Samsat Keliling. Berhubung pajak motor ACB sudah telat 5 bulan, jadi gak bisa bayar di Samsat Corner. Padahal pengalaman ACB tahun lalu bayar pajak telat di Samsat Corner masih bisa lho….tapi tahun ini “Di Tolak” disuruh bayar di kantor Samsat..asyemmm… 😦

Baca Juga : – CARA BAYAR PAJAK MOTOR 5 TAHUNAN

Yawes lah…prepare dulu berkas-berkasnya KTP, STNK, BPKB plus fotokopi-nya. Pagi harinya langsung gas ke Samsat di daerah Karang Ploso, Malang.
Sesampainya di Samsat, parkir dulu motor….dan lihat papan informasi mengenai alur dan syarat yang diperlukan. Dan ternyata untuk perpanjang pajak tahunan syaratnya cukup KTP Asli, STNK Asli dan Map wes…

image

Jadi gini alurnya :
1. Kita beli map dulu di toko yang sudah ada di area Samsat tersebut.
2. Langsung menuju loket formulir dengan memberikan map beserta KTP asli dan STNK asli. Setelah itu akan di cek oleh petugas.
3. Setelah dicek, kita langsung menyerahkan persyaratan tadi ke loket pendaftaran. Setelah itu kita tinggal menunggu prosesnya.
4. Selanjutnya nama kita akan dipanggil oleh kasir untuk mengambil surat pajak yang baru beserta STNK kita. Dan sekaligus membayar pajak sesuai yang tertera di surat pajak. Jika telat ya sekaligus bayar dendanya di kasir juga.
5. Dan yang terakhir adalah pengesahan. Setelah membayar pajak dan dendanya (jika telat) dikasir, kita menuju ke loket pengesahan dengan menunjukkan surat pajak yang baru untuk di stempel dengan menunjukkan STNK.
Dah….beresss. prosesnya cepat gak sampai 10 menit selesai.

Baca Juga : SYARAT DAN CARA PERPANJANG SIM C

Nah, itulah pengalaman ACB bayar pajak motor telat 5 bulan di kantor Samsat. Kalau saja gak telat tentu saja gak usah repot-repot ke kantor Samsat, cukup ke Samsat Corner saja yang ada di pusat belanjaan misalnya Giant atau Carrefour….

Semoga berguna,…

Iklan

49 thoughts on “Bayar Pajak Motor Di Kantor Samsat, Makin Gampang Bro!!

  1. Terima kasih atas infonya Pak. Saya mau tanya, kalau bayar pajak trus alamat di KTP dan STNK beda tapi namanya sama bisa? Atau kena denda atau disuruh ganti? Terima kasih

  2. Mau tanya? kalau kita bayar pajak tahunan milik orang lain bisa tidak. misalnya nama pemiliki motor punya Ibuku, Jadi Aku cuma bawa STNK, Map, dan KTP aslinya.

  3. Maaf say mau tanya ,tanggal 14 saya pergi kebogor nah saya kena tilang ,stnk pun ditahan saya baru inget kalo saya harus bayar pajak bulan ini ,tapi saya punya foto copyan stnknya . kalo seperti itu saya bisa bayar pajak ga ??

  4. Bos kalo bayar pajak motor, harus sesuai alamat STNK ya? Kalo STNK nya alamat di jakarta, tapi kita & motornya lagi ada di papua gimana?

  5. slamt pagi mau tanya pak.motor sy plat surabaya tapi kendaraan ada di jakarta.untuk proses pengurusaan pajak 5 tahunan caranya gmana soal motor ga bisa di gunakan (mogok)

  6. numpang tanyak bro’ saya mau samsat online’ apakah bisa
    persyaratan saya :
    bpkb asli, stnk,
    terus ktp saya tdk sesuai dgn bpkb.
    dlm arti saya beli motor second blm sempat balik nama. motor bali.

  7. kalo byar pajak motor pke kartu keluarga (kk),/ buku nikah, bisa gak sbagai ganti ktp, karna ktp saya yg asli di ambil org capil, karna lagi proses pembuatan e-ktp. please bls komentar na

  8. Apakah pembayaran pajak motor kepemilikan ke2 untuk perpanjang harus di samsat,? Tidak bisa dilakukan bank online../cabang..,? Terimakasih

  9. om kalo perpanjang diluar kota (stnk saja, soalnya belum waktunya ganti plat), prosedurnya gimana? apakah harus cek fisik bantuan di samsat terdekat? (bpkb diluar kota, nama pemilik di stnk kerabat saya)

  10. gan nanya dong kalo untuk pajak tahunan stnk atas nama cv gimana ya?
    apa bisa saya cuman bawa bpkb + stnk + ktp asli?
    atau harus ada syarat lain?

  11. maaf pak saya mau tanya motor kakak saya kan harus ganti plat karena sudah 5 tahun tapi ktp kaka saya hilang trs pake sim boleh gak ya saya mau perpanjang di samsat jakarta selatan makasih sebelumnya

  12. Assalamualaikum Mas Anang
    Saya Rere di Sidoarjo.
    Rencana mau perpanjang pajak STNK Motor tahunan (expired Juni 2017)
    Nah,
    Posisi motor ada di Jakarta (di Suami)
    BPKB + STNK adalah sesuai nama saya sendiri.

    Pertanyaan :
    1. Kalau mau di urus perpanjang di Sidoarjo, apa motor yang di JKT harus dibawa dulu ke Sidoarjo?

    2. Misalnya mau di urus di Jakarta, apa bisa? (diurus suami, saya tetap di Sidoarjo)
    Kalau bisa, syaratnya apa saja ya Mas?

    Sekian dulu.
    Maaf kalau kebanyakan.

    Wassalamu’alaikum

  13. Mas mau tanya
    Saya mau bayar pajak tahunan, kebetulan motornya plat malang .. tapi saya sekarang tinggal di blitar, kira” kalau saya bayar di samsat blitar bisa atau tidak ? Atau saya harus ke malang ?

    Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s