Setelah Yamaha R1M, Kini Giliran Honda CBR1000RR Di Recall Kerana Suspensi Ohlins Bermasalah

image

Anangcozz-Setelah beberapa unit ▶ Yamaha R1M Di Kanada dan Australia Di Recall, kini giliran produk motor lain seperti Honda CBR1000RR SP kena imbasnya. Suspensi belakang buatan Ohlins tipe tertentu mengalami kesalahan dalam produksi, sehingga harus ditarik kembali guna pengecekan.

Pihak berwenang di Jepang dan Australia mengumumkan soal recall tersebut terhadap unit Honda CBR1000RR SP yang juga menggunakan suspensi Ohlins. Honda harus melakukan perbaikan terkait masalah yang pada suspensi Ohlins untuk model CBR1000RR SP. Di Australia, tidak disebut secara spesifik soal model yang ditarik. Namun di Jepang, disebut CBR1000RR SP produksi 30 Januari 2014 hingga 16 Maret 2015.

image

Sementara ini hanya Yamaha R1M dan CBR1000RR SP yang di recall. Jenis merk motor lainnya yang menggunakan Ohlins ini sebenarnya banyak, tapi belum mengumumkan adanya masalah suspensi. Merk motor itu diantaranya Ducati 1199 Panigale R, Ducati 1299 Panigale S, Aprilia RSV4 RF, Aprilia Tuono V4 1100 Factory, dan MV Agusta F4 R, RR, serta RC.

Kemungkinan dampaknya akan semakin merembet, karena kesalahan produksi ini diduga juga terjadi pada tipe lain yang sudah beredar seperti tipe TTX36, TTX GP, TTX RT dan TTX36 MKII unit yang diproduksi dari 9 November 2013 hingga 20 Februari 2015.

Permasalahannya adalah pada baut pada piston yang tidak tepat dalam pemasangannya. Hal ini dapat mengakibatkan baut menjadi longgar dan akan membuat suspensi belakang gagal bekerja, dikhawatirkan bisa mengakibatkan kecelakaan. Pihak diler akan menarik unit motor yang di recall dan akan melakukan pengecekan, jika perlu diganti secara gratis.

Beruntung keduanya belum sampai diIndonesia. Padahal, Yamaha R1M dan CBR1000RR SP rencananya dalam waktu dekat akan datang ke Indonesia…

Iklan

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang dari desa Lebak Harjo. Bekerja sehari hari sebagai karyawan perusahaan percetakan di surabaya. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle.. :mrgreen: monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata, dunia maya maupun dunia gaib...auuuuu hehehe. Sobat2 sekalian jika ada kritik dan saran yang membangun, informasi bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.