YIMM: “Agar New Vixion Lightning Gak Ngebul, Jangan Di Geber Lebih Dari 8000rpm Bro!!”

image

Anangcozz-Brosis, sudah banyak dari rekan-rekan blogger yang membahas masalah New Vixion Lightning yang ngebul alias keluar asap putih tipis ketika gas di geber dalam. Sudah banyak juga owner NVL yang mengeluhkan kondisi tersebut. Tapi kok sampai saat ini Yamaha belum melakukan tindakan apapun…apakah ngebul NVL masih termasuk kondisi normal??

Dari beberapa analisa para owner dan mekanik bengkel, banyak yang sepakat permasalahan ada pada ring pistonnya yang kurang tahan geber. Akibatnya ada rembesan oli yang ikut masuk ke dalam ruang bakar.
Analisa lainnya seperti gambar berikut ini..

image

Lantas bagaimana tanggapan Yamaha???

Jadi pihak Yamaha sendiri sebenarnya sudah tahu mengenai keluhan itu. Dan solusi dari Yamaha yaitu menyarankan agar melakukan treatment (perlakuan) yang sesuai dengan anjuran pabrik. Lalu bagaimana treatment yang dianjurkan itu??

“Kalau memang treatment-nya sesuai dengan aturan pabrik dan timbul keluhan, alangkah baiknya kalau diklaim ke bengkel resmi. Apalagi PT Yamaha Indonesia Motor Manufakturing (YIMM), memberikan garansi 5 tahun.
Apa benar keluarnya asap putih dari knalpot, itu akibat dari adanya masalah dalam ruang bakar??? Jangan-jangan cara deteksinya dengan menggeber mesin motor sampai 8000 rpm dan kalau itu yang dilakukan, motor manapun akan mengelurkan asap,” kata M. Abidin, GM Service & Motorsport YIMM.

“Kalau memang benar ada masalah dalam ruang bakar dan dalam hal ini menyangkut silinder blok, piston dan ring piston, berarti itu akibat kurang sempurnanya pelumasan. Ini berkaitan erat dengan penggunaan oli. Oli Yamalube Sport semisintetis ber-SAE 10W-40 seharga Rp 40  ribu ini merupakan oli anjuran yang membuat kondisi mesin tetap terjaga. Dan dianjurkan membeli oli di bengkel resmi Yamaha. Kalau oli sudah sesuai anjuran pabrik, “Jangan pernah menunggu 3.000 km baru mengganti oli dan penggunaan oli sesuai anjuran pabrikan akan membuat garansi selalu aman” Kata Eko Wibowo, Kepala Mekanik Yamaha Samudera Joglo, Jl. Joglo Raya, Jakbar.

Dari uraian Yamaha diatas kesimpulannya jika tidak ingin NVL kamu ngebul…,
▶ Lakukan treatment yang dianjurkan pabrik.
▶ Jangan geber motor lebih dari 8000rpm
▶ Pakai oli rekomendasi pabrik (Yamalube Sport semisintetis)
▶ Ganti oli jangan menunggu sampai 3000km
▶ Jika treatment sudah benar, masih bermasalah, segera klaim ke bengkel resmi Yamaha.

Nah, loh…makanya jangan suka ngebut pakai NVL, atau geber NVL kamu lebih 8000rpm dan jangan lupa pakai oli Yamalube Sport biar gak ngebul… :mrgreen:
Bagaimana menurut brosis anjuran dari Yamaha ini??

Sumber: Otomotifnet.com

Iklan

6 thoughts on “YIMM: “Agar New Vixion Lightning Gak Ngebul, Jangan Di Geber Lebih Dari 8000rpm Bro!!”

  1. Ping balik: Antara rangka patah vs mesin ngebul..ketika yg lebih keren belum tentu bagus – stay okay on the road

  2. “…Jangan-jangan cara deteksinya dengan menggeber mesin motor sampai 8000 rpm dan kalau itu yang dilakukan, motor manapun akan mengelurkan asap,”
    Iya ta? Motor DOHC suzuki saya sering di 10.000 rpm gk ada masalah tuh… Hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.