Mengapa Performa Marc Marquez Tak Sebaik Musim Lalu?? Ini Kata Juan Martinez, Mantan Kru NH69

image

Anangcozz – GPMania, mungkin diantara kita banyak yang bertanya-tanya mengenai performa Honda-Marquez yang kurang greget diawal musim ini. Ada apa dengan Marc dan Honda??

Sebenarnya kalau kita cermati masalah utamanya bukanlah antara Marc dan Honda saja. Tapi kondisi yang terjadi sekarang ini adalah berbeda dengan tahun kemarin. Mulai dari kebangkitan Yamaha dengan teknologi SSG yang setara dengan Honda, dan Revolusi besar dari Ducati.

Tahun lalu tidak dipungkiri kombinasi Marquez-Honda mendominasi balapan. Terlepas dari itu, performa lawan dia seperti Pedrosa dan Lorenzo tidak dalam kondisi terbaik, sehingga banyak ruang bagi Marc untuk mengambil keuntungan lebih.
Dan tahun 2015 ini kombinasi Marc-Honda tidak lagi mendominasi, karena Yamaha dan Ducati sudah mulai setara dengan Honda.
Sedangkan Marc Marquez masih sama dengan tahun lalu atau bahkan dikatakan oleh Juan Martinez, mantan kru mekanik Nicky Hayden, kombinasi Marquez dan Honda mengalami sedikit masalah kecil yang membuatnya tidak 100%. Lebih jauh dia mengatakan…

“Marc ketika memasuki sudut tidak dengan keyakinan seperti sebelumnya. Sekarang kita melihat bahwa motornya yang lebih mengendalikan Marc daripada sebaliknya.
Honda telah membuat perubahan pada mesin dan sekarang tidak bisa kembali ke spesifikasi 2014 karena tidak memungkinkan peraturannya.”

Itu artinya apa?? Honda dan para insinyurnya telah meracik RC213V 2015 sekarang ini lebih sulit dikendalikan. Itulah mengapa Marc Marquez ketika latihan di Sepang lalu memilih kombinasi antara RC213V 2014 dan RC213V 2015.
Karena perubahan tersebut Honda juga telah membuat perubahan pada sasis, lalu perubahan swing arm baru di Jerez kemarin. Ini adalah salah satu cara yang bisa dilakukan Honda untuk mencari solusi dari masalah kecil pada mesin RC213V 2015 yang lebih ganas.

image

“Jika Anda melihat foto-foto Marquez tahun lalu di bawah pengereman, ban belakang tidak menyentuh tanah, tapi ia bisa mengendalikan motor. Keyakinan pada motor tidak lagi dimiliki (sekarang), mungkin karena hasil settingan yang negatif. Jika ini adalah karena perubahan mesin, aturan tidak memungkinkan dia untuk kembali ke spesifikasi tahun sebelumnya.”

Semua race 2015 lebih cepat dari 2014, kecuali Qatar. Hal ini dikombinasikan dengan fakta bahwa Marquez dan Honda tidak 100 persen, dan Yamaha telah mengambil langkah maju. Di Le Mans, Marquez berada di urutan keempat, dan itu hanya seperseribu lebih lambat dari kemenangannya tahun lalu. Ini adalah bukti bahwa dia dan Honda tidak dalam 100%…

Dan kita sekarang tinggal melihat race selanjutnya nanti. Apa yang bisa dilakukan para tim dan insinyur HRC untuk mengatasi problem kecil ini yang mengurangi performa Marquez seperti tahun lalu…
Kesalahan seperti ini sudah pernah dilakukan Honda dulu pada saat era 500cc oleh Tadayuki Okada. Ketika itu dia memperkenalkan mesin baru yang membuat motor lebih cepat….tapi susah dikendalikan. Jika masalah Honda sekarang adalah pada mesin baru mereka, merubah mesin ke mesin 2014 jelas sudah tidak bisa lagi tahun ini…

Nah, silahkan komentarnya brosis, mungkin punya pendapat lain??

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

3 tanggapan untuk “Mengapa Performa Marc Marquez Tak Sebaik Musim Lalu?? Ini Kata Juan Martinez, Mantan Kru NH69”

  1. tapi engine RCV 2015 amat perkasa di straight meski tarikannya sedikiiit kalah dari ducati CMIIW
    selain itu juga mileage tetep sama dg engine sebelumnya kendati lebih kenceng dari taun lalu. kalo yamaha keknya tetep pertahanin strong point utama mereka yakni cornering speed, cornering in sama out, klo straight tetep segitu2 aja, keknya Yamaha bisa aja sih bikin motor yg kenceng di straight karna maybe takut kehabiaan BBM, hehehe…. XD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.