AISI 2015: Distribusi Sepeda Motor Bulan Mei Merosot!!

image

Anangcozz – Menurut Data AISI bulan Mei 2015, distribusi sepeda motor tanah ternyata mengalami penurunan dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Bahkan paling rendah di lima bulan pertama tahun ini. Sepanjang Mei lalu distribusi motor mencapai 469.630 unit. Atau turun sebanyak 10,5% dari bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 524.775 unit.

Penurunan distribusi ini banyak faktor yang berpengaruh, misalnya daya beli masyarakat yang lemah, kondisi ekonomi yang masih labil, dan juga melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar. Bisa juga karena mendekati bulan puasa dan lebaran… sehingga masyarakat lebih berhemat atau lebih memilih di gunakan untuk kebutuhan lain di bulan ini. Hal serupa juga terjadi pada tahun-tahun sebelumnya…
Mendekati puasa dan lebaran biasanya penjualan motor memang cenderung menurun. Sehingga distribusinya pun mengalami penurunan juga.

Penurunan distribusi ini dialami oleh semua produsen motor tanah air. Honda masih memimpin jumlah distribusi sebanyak 304.900 unit. Yamaha kedua dengan distribusi sebanyak 150.745 unit.
Berikut penjualan masing-masing merek pada Mei 2015 :

Honda 304.900 unit
Yamaha 150.745 unit
Suzuki 7.355 unit
Kawasaki 6.330 unit
TVS 300 unit
Total Mei : 469.630 unit

Jika kita bandingkan dengan data AISI bulan-bulan sebelumnya tahun ini, bulan Mei ini merupakan yang terendah.
Januari 502.783 unit,
Februari 556.091 unit,
Maret 546.169 unit, dan
April 524.775 unit.

Hmmm….banyaknya motor baru yang launching tahun ini ternyata gak berpengaruh signifikan terhadap angka distribusinya…. Mungkin setelah lebaran distribusi akan digenjot lagi…

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.