Yamaha Sedang Melakukan Uji Coba Mesin Vixion DOHC, Tapi Masih Gagal?? Benarkah???

image

Anangcozz – Brosis, beberapa waktu yang lalu ACB sebenarnya juga sempat menyinggung mengenai Vixion DOHC dan meski sempat meredup informasinya,,,, lhah kini rumor itu kok kembali santer dibicarakan setelah rekan PotretBiker.com memperoleh bocoran baru mengenai Vixion DOHC dari salah satu sumber terpercaya. Woowww….benarkahhh???

Jadi gini masbro…menurut narasumber yang ditemui mengatakan jika kini Yamaha memang benar tengah mempersiapkan Vixion DOHC. Mesin 150cc DOHC tengah diuji cobakan…Tidak hanya sampai disitu, Yamaha juga melakukan uji coba dengan mesin 180cc SOHC. Sangat menarik sekali pengujian ini, karena dilakukan didaerah Sumatra yang memiliki geografi yang ekstrem.
Berikut penuturan sang sumber…

”Jika beberapa tempo waktu yang lalu, Yamaha telah menguji di jalanan produk terbarunya. Waktu itu ada 6 unit motor sport, dimana 3 biji adalah mesin NVL – 2 unit Vixion 150cc bermesin DOHC – 1 unit  Vixion SOHC 180cc. Dari ke 6 unit ini telah uji jalanan di daerah Sumatera, dimana dalam route ini ada beberapa penanjakan yang lumayan mematikan. Meskipun tergolong tidak terlalu tinggi tanjakannya, namun cukup panjang untuk proses penanjakannya. Nah ternyata disini yang Vixion bermesin 150cc DOHC telah trouble 1 unit, setelah itu ada route lanjutan yang mana juga telah membuat 1 unit lagi Vixion 150cc DOHC satunya kembali trouble. Yang lolos uji justru Vixion 180cc SOHC, untuk kategori produk terbarunya.”

Hmmm… benar gak sih Yamaha kini sedang mempersiapkan mesin DOHC?? Bisa iya bisa juga tidak…lha piye gan wong cuma isu…lain lagi kalau info itu langsung dari Yamaha sendiri yang berfatwa. Dan untuk hal ini ya hanya mereka yang tahu.

Tapi jika melihat situasi dan kondisi pasar sport mereka saat ini yang terus di tekan oleh kompetitor hal ini bisa saja menjadi benar. Dan untuk itu pastinya Yamaha akan sangat berhati-hati mempersiapkan Vixion DOHC ini, sampai-sampai tempat untuk uji coba di lakukan diluar Jawa… (mungkin biar gak kepergok para blogger kepo kali ya :mrgreen: )

Mengenai berhasil atau tidaknya sebuah uji coba itu bukan masalah, lha wong masih dalam tahap uji coba…
Kalau bisa memang harus dilakukan secara ekstrem agar bisa diketahui sejauh mana limit yang di miliki oleh mesin. Intinya uji coba dilakukan terus menerus agar bisa dipastikan bahwa mesin baru sudah siap dipasarkan nanti tanpa adanya trouble…

Untuk sebuah riset atau pengembangan mesin yang tergolong baru, perlu melihat faktor lain yang bersangkutan dengan melihat akibatnya nanti. Jangan sampai sebuah pengembangan mesin baru malah merusak teknologi yang saat ini digunakan (SOHC). Hal ini dikarenakan kelahiran sang DOHC nanti bakal berpengaruh kepada produk lainnya seperti R15. Opo ra mencak-mencak jika adiknya pakai DOHC sedangkan R15 yang sudah fairingan masih SOHC!!! Kecuali jika Yamaha melakukan upgrade mesin R15 dengan DOHC juga…Hal ini tentunya sudah dipikirkan secara matang oleh Yamaha.

Dibawah gempuran AHM yang sedang menyiapkan CB150R baru dengan upgrade dan tampilan baru yang tak lama lagi mbrojol,,, memang sudah seharusnya Yamaha melakukan persiapan dan strategi kedepannya. Dan sekarang yang perlu dilakukan Yamaha sekarang hanya bertahan dengan Vixion Advance sambil wait and see dulu bagaimana perkembangan persaingan segmen sport nanti…dan jika memang kompetitor sudah dalam tahap membahayakan, tidak menutup kemungkinan senjata pamungkas yang sudah di kembangkan itu harus dikeluarkan Yamaha…yaitu Vixion DOHC!!!

Cukup sekian dulu analisa dari saya gan… Yang pasti, benar atau tidaknya isu Vixion DOHC ini monggo ditampung saja. Sebuah riset besar yang menyangkut strategi rahasia untuk jangka panjang seperti ini pastinya sangat dirahasiakan. Apa jadinya jika sebuah proyek rahasia yang masih mentah dan belum waktunya di umumkan tiba-tiba di blow up kepada umum??? Apa gak sama saja dengan bunuh diri brooo….!!!
Dan kita sebagai pembaca dan pengamat ya harus menghormati kepentingan mereka….bukan begitu bro sis sekalian??? Yamaha sebagai pabrikan besar pun juga punya hak untuk merahasiakan sebuah strategi atau riset yang dianggap penting… Tidak hanya Yamaha, pabrikan lain pun pasti demikian…iyo po ra??
Monggo dikumur-kumur…. 😀

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

5 tanggapan untuk “Yamaha Sedang Melakukan Uji Coba Mesin Vixion DOHC, Tapi Masih Gagal?? Benarkah???”

  1. Kelemahanya apa aja to? Saya punya r115 udah 30 thn masi joss soal yg meniru itu mio m3 design lampu bawah ngikutin mio mx 125 tpi cuma dikurang 1 lampu aja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.