Mesin Honda Sonic 150 Beda Dengan CBR150R Maupun CB150R…!!

image

Anangcozz – Brosis, sudah kita ketahui bersama bahwa TPT honda K56 aka Sonic 150 sudah rampung. Dan kini tinggal menunggu masspro dan launchingnya saja….Nah, sambil menunggu kedatangannya, yuk kupas bocoran bocoran mengenai mesinnya. Katanya sih meski basis mesin sama dengan CBR150R atau CB150R, ternyata mesin Sonic 150 berbeda…!! Piye maksudte???

Jadi gini mas bro… dari data TPT yang kita peroleh kemarin,¬†tertera disana kubikasi mesinnya yakni 149,16cc. Dari sini sudah terlihat perbedaannya bukan?? Kita tahu CBR150R dan CB150R kompak dengan kubikasi 149,5cc. Itu perbedaan pertama….

Yang kedua,
Nah, perbedaan lain yang terlihat adalah konsep mesinnya. Kemungkinan Sonic 150 konsep mesinnya adalah Square, atau dengan kata lain diameter bore sama atau hampir sama dengan panjang strokenya. Hal ini diketahui setelah TMCblog mendapatkan bocoran mengenai angka bore nya yakni 57,4mm. Dari angka bore itu saja sudah cukup untuk mengoprek rahasia mesin K56 ini…. caranya dengan memasukkan angka bore dan kubikasi dari TPT tadi kedalam rumus berikut ini…

V silinder = 0,785 x Bore x Bore x Stroke x n
*Dimana n adalah Jumlah silinder

Maka diperoleh angka strokenya 57,67 ~ 57,7 mm. Jadi, jika tidak ada perubahan maka dipastikan nanti mesin Sonic 150 akan menggunakan mesin dengan bore x stroke = 57,4mm x 57,7mm
Nilai bore dan stroke nya hampir sama bukan?? Ini yang disebut dengan mesin Square.

image

Karakter mesin square ini berada di antara mesin overbore dan overstroke. Jadi, kalau mesin Overbore memiliki power dan topspeed mumpuni, dan Overstroke punya akselerasi awal yang mumpuni, mesin Square ini berada ditengah tengah. Atau dengan kata lain:
– Square kalah power dan topspeed dari overbore, namun menang soal akselerasinya.
– Square kalah akselerasi dari overstroke, namun menang power dan topspeed.

Mesin Square seperti ini tidak biasa digunakan oleh Honda di line up produk DOHC nya. Bandingkan saja dengan spek mesin Honda K15 (CB150R) dan Honda K45 (CBR150R) yang overbore –
Bore x stroke: 63,5 x 47,2mm

Nah, dari sini bisa kita tarik sebuah analisa… bahwa AHM akan memposisikan performa K56 nanti diantara dua rivalnya yakni Satria F150 dan Jupiter MX King. Weleehhh…edian tenan iki. Dengan mesin Square, Power dapat…akselerasi mantab…dan tentunya lebih irit.
Yap, itulah beberapa analisa Honda Sonic 150 sebelum kelahirannya nanti…bro.

Semoga berguna…

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.