TIPS Meninggalkan Motor Dirumah/Kos Selama Mudik

image

Anangcozz – Brosis, sudah disiapkan belum perlengkapan mudiknya?? :mrgreen: sudah bukan rahasia lagi kalau sudah mendekati Lebaran, semua orang pasti serba sibuk menyiapkan bekal liburan, dan mudiknya. Tapi jangan lupa, bagi pemudik yang meninggalkan motor dirumah/kontrakan atau kos kosan, pastikan semuanya aman sebelum ditinggalkan…berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan saat meninggalkan motor dirumah/kos.

Bersihkan motor
Sebelum ditinggal, usahakan motor dibersihkan terlebih dahulu. Hal ini untuk mengantisipasi agar tidak muncul korosi/karat saat lama ditinggal.
Kunci Setir Sepeda Motor
Pastikan motor sudah di kunci setir, gunakan kunci rahasia bila ada. Jangan lupa mencabut kontak (kebiasaan yang sering terjadi).
Pasang gembok
Agar semakin aman pasang gembok di cakram motor. Semakin banyak semakin aman…hehehe.

image

Penempatan Sepeda Motor
Tempatkan motor pada tempat yang aman dan tertutup (dikamar juga bisa). Kalau bisa jangan sampai terlihat dari luar agar tidak mengundang niat buruk seseorang. Tempat yang teduh dan aman dari tikus. Karena tikus bisa merusak kabel dan komponen lainnya…
Cabut aki motor
Jika ditinggal dalam waktu lama supaya aki dicabut saja. Jika tidak dicabut, aliran listrik dari aki akan terus mengalir sehingga aki soak. Lebih baik, simpan aki motor Anda di tempat yang aman.
Standar ganda
Berdirikan motor dengan standar ganda. Lalu beri alas kayu atau karton pada permukaan ban yang menempel ke lantai. Hal ini agar ban yang langsung menempel ke lantai tidak cepat kempes.
Hidupkan Pakai Kick Starter saat balik
Setelah ditinggal cukup lama, oli akan turun ke bagian bawah mesin… Jadi, untuk awalan start pakai kick starter dengan kontak masih OFF. Lakukan beberapa kali hentakan agar oli kembali bersirkulasi ke seluruh mesin…Baru setelah itu silahkan dihidupkan.

Nah, itulah beberapa tips meninggalkan motor dirumah bro… Jika tips diatas dilakukan dengan benar, jangan khawatir lagi soal motor di rumah/kos bro…silahkan mudik dan bersilahturahmi bersama keluarga…

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.