Mengenal Mesin DOHC Dan SOHC, Apa Kelebihan Dan Kekurangannya??

image

Anangcozz – Bro n sis, yuk sejenak kita kembali belajar mengenai istilah istilah dalam otomotif, khususnya roda dua. Dalam otomotif roda dua tentunya yang paling sering kita dengar adalah istilah mesin DOHC dan mesin SOHC. Apa sih pengertiannya, dan apa saja perbedaan antara keduanya?? Yuk kita belajar bersama…biar gak salah paham 😀

DOHC adalah Double Over Head Camshaft, dan SOHC adalah Single Over Head Camshaft. Dari singkatan tadi bisa disimpulkan  perbedaan DOHC dan SOHC adalah pada jumlah camshaft (noken as) yang ada pada head cylinder. Camshaft adalah batang silinder yang berfungsi untuk mengatur timing buka tutup katup (klep) masuk bahan bakar dan katup keluarnya gas buang. Mesin DOHC memiliki dua camshaft sedangkan SOHC hanya satu camshaft.

image

DOHC
Pada mesin DOHC dalam satu piston memiliki dua camshaft di head cylinder. Masing masing camshaft ini menggerakkan langsung 2 katup. Dimana 2 katup mengatur masuknya bahan bakar dan 2 katup lainnya mengatur keluarnya gas buang. Dengan jumlah klep dua kali lebih banyak (2 klep masuk dan 2 klep keluar) power yang dihasilkan otomatis lebih besar, karena penyaluran bahan bakar ke mesin dan penyaluran gas buang ke knalpot lebih besar. Motor yang menggunakan mesin jenis ini antara lain: CB150R, Satria FU150, YZF-R25, Ninja 250FI.

image

image

Kelebihan,
Kelebihan mesin DOHC adalah dengan 4 katup yang langsung digerakkan camshaft membuat asupan bahan bakar melimpah, sehingga power mesin lebih besar dan stabil di putaran mesin (rpm) yang tinggi (torsi bekerja lebih baik pada kecepatan tinggi / top-end power).

Kekurangan,
– Relatif lebih boros bahan bakar.
– Biaya produksi dan perawatan lebih tinggi
– Suku cadang dan proses reparasi lebih banyak.
– Putaran bawah mesin lebih berat karena harus menggerakkan dua camshaft.

image

SOHC
Mesin SOHC hanya memiliki satu camshaft (noken as) yang berada ditengah head cylinder, sehingga mesin hanya memiliki 2 katup saja. Satu katup untuk mengatur bahan bakar masuk dan satu lagi mengatur keluarnya gas buang. Pengaturan buka tutup katup digerakkan oleh rocker arm yang terhubung langsung dengan camshaft. Motor yang menggunakan mesin jenis ini banyak sekali terutama pada motor ber cc kecil seperti matik, dan cub. Pada motor sport antara lain: Verza 150, Byson, V-ixion, Megapro, Gixxer.

Pada perkembangannya mesin SOHC dengan satu Camshaft tidak hanya berisi 2 katup saja, melainkan bisa juga ditempatkan 4 buah katup. Hal ini dilakukan dengan memodifikasi kepala rocker arm menjadi bercabang dua pada katup in dan katup ex. Dengan 4 katup, power yang dihasilkan bisa di tingkatkan, contohnya mesin YZF-R15 dan V-ixion.

image

Kelebihan,
– Mesin lebih ringan karena hanya menggunakan satu Camshaft
– Relatif Lebih Irit
– Biaya produksi dan perawatan murah.
– Torsi bekerja lebih baik pada kecepatan rendah / low-end torque)

Kekurangan,
– Mesin biasanya lebih berisik karena menggunakan dua buah rocker arm.
– Angka RPM (putaran mesin) rendah, sehingga top speed tidak terlalu tinggi.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa baik mesin DOHC maupun SOHC, pada prinsipnya sama yaitu untuk mengatur buka tutupnya katup. Namun untuk mendapatkan power atau torsi maksimal, baik DOHC maupun SOHC banyak sekali faktor lain yang berpengaruh, misalnya besarnya klep, besarnya sudut klep, diameter silinder dan panjangnya langkah piston (overbore/overstroke) dll.

So, bagi mereka yang menginginkan motor untuk harian yang irit dan mudah perawatannya, SOHC adalah pilihan cerdas. Namun jika menginginkan motor dengan performa tinggi yang lebih powerful, dan DOHC memiliki potensi lebih untuk itu…
Maka tak heran jika motor balap dunia semua menggunakan mesin DOHC…

Semoga berguna.
Twitter: @cozanang
Email: cozanang@gmail.com

Iklan

42 thoughts on “Mengenal Mesin DOHC Dan SOHC, Apa Kelebihan Dan Kekurangannya??

  1. Pada perkembangannya sohc dan dohc tidak terlalu berpengaruh pada motor cc kecil, model silinder yg bertipe overctroke, square dan overbore lebih berpengaruh
    Pada new cb150r mesinnya yg square itu walaupun dohc tp 1cam hanya menggerakkan 1 pelatuk valve, nah kan dengan 2 cam srharusnya hanya 2 valve yg bergerak, nah , maka dari itu ada pelatuk tambahan seperti pada vixion, sehingga pervorma dan karakter new cb kemungkinan masih 11-12 ma nva, jd sebenarnya ane mau bilang klo new cb tuh dohc nye beda ma cara kerja dohc motor semprot hi tec, cara kerja dohc ndw cb itu mirip nva walaupun singgle cam, perhatikan lebih detail mas

    • Ini slah satu modifikasi pd mesin Dohc dg menggunakan pelatuk. Jenis ini klo gak slah sudah ada di cbr250r. Pelatuk(rocker arm) pd cb jauh lebih kecil drpda pltuk pd sohc. Platuk ini untuk mengurangi beban gesekan langsung cam dengan klep. Sehingga cam pada cb hanya menggerakkn satu pelatuk saja untk 2 klep agar beban cam lebih ringan. Hasilnya tarikan awal mesin menjadi lebih ringan. Selain itu, dg pltuk tsb sudut klep smkin kecil, sehingga proses pembakran lebih lancar…
      Jadi semacam modifikasi …imho gan.

    • Honda sengaja kasih limiter di motor dohc nya,dg tujuan agar mesin lebih awet.dan bbm dibuat seirit mungkin,ban besar,itu yg membuat mesin dohc honda bisa 11 12 sama mesin sohc yamaha.coba cb150r g dikasih limiter,bbm dibuat boros mirip satria fu,maka mesin dohc honda bisa punya power lebih besar dari fu.bisa 11 15 sama mesin yamaha.

      • ☝Atas Saya Sales Honda nickname Marquezz yg sering nongol untuk melakukan penggiringan opini di blog iwanbanaran ternyata ada juga disini.☝

      • Semua mongtor pasti di kasih limiternya bebek 9k rpm sport 150 10.5k rpm……cdi race bisa max 12.5k sp 13.5 k rp
        Kalau tidak di batasi. Ambrol dek….
        Mtr standar 9000rpm pake racing 12.500 rpm yg jelas naik…tp aman ngak ?

      • Coba lihat speknya…r15 plus vva 2017 dgn si gepeng cbr150 rr
        Ban R15 sama dgn Aerox155 beda uk ring.v150 mau ngikutin uk ban aerox ,ah yg benar saja

    • Kita beli sport apa bebek bro,sohc bebek wajar.tapi sport yg identik dg kecepatan pasti dohc.liat anak muda yg suka kecepatan pasti pilih mesin dohc.balap drag juga dohc yg sering dipakai contoh fu atau cb.kalau sohc cocoknya buat jalan2 muter2 perumahan,pigson,versa contohnya.

  2. Ping balik: Prediksi Mesin Yang Akan Di Pakai Yamaha MT15, DOHC atau SOHC??? | AnangCozz's Blog

  3. mass mau tanya, enak mana new cb150r dengan nva buat keluar kota tiap hari? soalnya saya bingung pilih yg mana yg irit.. bkn masalah kecepatan ya, tapi ke iritan.. tolong pencerahannya dong 🙂

  4. dengan kemajuan teknologi sekarang, baik SOHC maupun DOHC tidak selalu dalam dua koridor pasti dimana: output tenaga SOHC lebih kecil daripada DOHC, dan DOHC lebih boros dari SOHC karena performa maksimalnya baru diperoleh pada putaran mesin tinggi. Saat ini banyak pabrikan mulai berkesperimen dengan aneka ide semisal konstruksi mesin DOHC namun kofigurasi silindernya bertipikal overstroke atau square type, sehingga momen puntir mesin bisa dikail dari RPM rendah seperti mesin SOHC, sebaliknya mesin SOHC juga bisa memainkan ECU agar output tenaganya bisa setara mesin DOHC.

  5. Motor ane CBR 150 R Lokal.. Pernah di jalan puncak (arah naik) ane ketemu sama rider YZF-R15.. Ane iseng kejar2an, salip2an di jalan sama doi, ane kalah di aksel pertama, tp DOHC itu powernya baru keliatan banget kalo ada di atas putaran mesin 4500 rpm.. Di jalan nanjak kayak puncak sorry to say soal tenaga en speed SOHC kalah telak dari DOHC. ane susul doi.. Hehehe..
    Cuma bahan bakar emang gak bohong 150 cc DOHC sedikit lebih boros dibanding 150 cc SOHC lainnya..
    SEKEDAR TESTIMONIAL AJA..

  6. maaf sebelumnya bukan bela siapapun
    Katanya yamaha 150cc itu mengeluarkan dohc itu benar apa tidak trimakasih

      • Prefdiksi 6 bln yg lalu…
        Sport batangan ymh 150 cc sd 180 cc
        1.teknologi sohc plus vva
        2.dohc murni/real
        3.dohc plus vva
        Ternyata tahap 1 sohc plus vva buat ngimbangin cbr150 dan gsx dgn power dlm batas aman di pertengahan.
        Amunisi dohc real /dohc plus vva sbg kuda hitam…..yg tetangga bikin penasaran setelah obral power…mesin nya.
        Yg bahaya 150 cc plus vva di jual bareng sama 150 cc dohc real /plus vva.satu mesin dipakai rame rame,seperti keroyokan…..

  7. Ping balik: Mengenal Teknologi Unicam Pada Mesin Motor Honda | AnangCozz's Blog

  8. Kalo Motor MX King, apakah mesin yg dipake memiliki 4 katup dalam camshaft ?

    Berarti hampir gaada bedanya dengan DOHC dong yaa ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s