Tes Ride All New CB150R: Mesin Baru Lebih Halus!!!

image

Anangcozz – Bro sis sekalian, sekitar sebulan lalu all new CB150R resmi meluncur ke pasaran. Merupakan generasi terbaru dari gen CB150R lama, all new CB150R tampil all out dari segi mesin dan juga tampilan. Ini yang bikin ACB sangat penasaran banget dengan si new CB150R ini. Penasaran pengin melihat langsung dari dekat, sekaligus menjajal performa mesin barunya…

Beruntung banget hari Sabtu 5 Agustus 2015 kemarin AHM mengadakan acara launching dan juga test ride di Surabaya. Yowes…gak perlu pikir lama langsung budaall….
Tapi sedikit disayangkan lintasan test ridenya yang tidak begitu panjang…jadi ya kurang bisa eksplore lebih jauh.
Gpp lah yang penting akhirnya bisa kesampaian juga ACB menjajal performa sang new CB150R ini… :mrgreen:

FITUR DAN GALERI ALL NEW CB150R

image

Riding Position,
Pertama kali ketemu dengan new CB150R ini ternyata dimensinya tidak terlalu besar dengan postur tubuh ACB ini. Dengan tinggi badan 165 cm dan berat badan 60 kg, ACB tidak mengalami kesulitan saat menungganginya. Kaki menapak cukup kuat meski agak sedikit jinjit sih πŸ˜€ jarak posisi setang kini lebih dekat dengan tubuh dan lebih rendah, sehingga cukup sporty dan kompak banget desainnya. Sebagai biker yang biasa nyemplak old CB150R, feeling pertama yang ACB rasakan saat berada diatas new CB150R ini posisi tubuh malah lebih pas…tangan lebih relaks. Sporty tapi tetap nyaman. Satu lagi yang bikin ngiler, yakni dari sisi visualnya bro…Di bagian dashboard motor langsung disuguhi tampilan spedometer full digital, model tangki baru yang lebih gede dan berotot…tutup tangki rata dan letak kunci kontak berada di tangki…jozzz gandoz tenan. Saat teringat naik old CB150R….adoohh caak :mrgreen:

image

Handling
Meski lebih berat dari old CB150R, new CB150R enak banget buat meliuk liuk apalagi jika ridernya lebih tinggi lagi…tambah jozz. Dengan bobot yang lebih berat ini new CB150R juga terasa lebih stabil dan anteng terutama saat diajak akselerasi maupun pengereman…ditambah lagi ban gambotnya, nyaman banget!! Mengaplikasikan discbrake depan dengan diameter lebih lebar membuat pengeremannya lebih pakem. Saat ACB mencoba hard braking dengan rem depan….sseeettt. Ajiiiibbb…pakem banget, apalagi ditambah dengan ukuran ban depan lebih besar…jadi cukup pede sekali melakukan hard braking ini.

image

Oiya..untuk suspensi belakang masih sama seperti generasi sebelumnya menggunakan Pro Link dan terasa keras. Kelebihannya suspensi keras adalah untuk kestabilan saat bermanuver. Tapi joknya kini lebih tebal bro, alhasil yo lebih empuk dan nyaman di bokong πŸ˜€ dan juga Jok belakang ada jendulannya, demi kenyamanan yang dibonceng tentunya (bening juga yak :mrgreen: #ehh)

image

Performa,
Ini yang paling bikin penasaran ACB, gimana sih rasanya racikan mesin Square baru di new CB150R ini?? Saking penasarannya, ACB berkali kali mencobanya, agar feelingnya lebih terasa. Meski jarak lintasannya menurut ACB kurang panjang..sekitaran 50 meter saja bro. Mentok sampai gigi dua sudah habis…masuk gigi tiga gak sempat tarik gas sudah belok 😦 Tapi lumayan lah untuk menggali tarikan awal dan akselerasinya :p

Putaran gasnya enteng banget dan rpm nya gampang sekali naik bro. Sepertinya berat motor yang mencapai 136kg, plus ban gambotnya gak terasa berat dengan mesin baru ini. Hal ini tak lepas dari penambahan satu gigi di gir belakangnya dari 45(old CB150R) menjadi 46 di new CB150R. Terbukti tarikan bawah dan menengah new CB150R lebih responsif bro…mak nyuut..nyuut..enak banget.

image

Ini juga tidak lepas dari karakter mesin Square itu sendiri. Meski lebih berat, dan ban gambot, Honda memperbaiki sisi tarikan dan powernya dan di geser pada rpm yang lebih rendah dengan Square engine ini…good jon..eh good job!!
Sedangkan untuk power terasa menyalak di 5000 rpm ke atas…dan semakin galak. Tenaganya tersalurkan merata di rpm menengah atas. Sayang belum bisa menggali power puncak secara detil karena masalah jarak lintasan yang terlalu pendek…

image

Perbedaan paling terasa dengan old CB150R adalah vibrasi, mesin baru ternyata lebih minim vibrasi bro…, alias lebih halus. Getaran di bodi dan setang tidak begitu terasa padahal posisi rpm tinggi di gear 1 dan 2. Kemungkinan pengaplikasian aluminium engine hanger baru pada sasis truss frame dan juga pengembangan mesin baru didalamnya membuat getaran mesin jauh lebih berkurang….
Selain itu, knalpot baru dibekali catalyc converter dan juga power boom. Suara menjadi lebih renyah dan halus dibandingkan old CB150R.

SPESIFIKASI ALL NEW CB150R

Shifting gear juga bro….!!! Ajibb… aluuus banget. Gejala suara CeklaK… CekleK…terutama pada gir 1 dan 2 pada old CB150R sembuh total di New CB150R ini….dari gigi 1 ke gigi 2 smooth banget, begitu juga saat penurunan gigi. Bikin “Cebong” gua ngiriii pokoke :mrgreen:

image

image

image

image

image

image

image

image

image
Knalpot Slip On

image

Yups,,,begitulah bro hasil tes ride singkat ACB dengan jagoan All New CB150R. Semoga bisa bermanfaat bagi bro sis sekalian.

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

9 tanggapan untuk “Tes Ride All New CB150R: Mesin Baru Lebih Halus!!!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.