Penjelasan Race Director Terkait Sanksi Kepada Rossi Di #Sepangclash!!

image

Anangcozz – GPmania, bentrok Rossi-Marquez hingga kini masih menjadi topik hangat yang banyak di bicarakan. Adu argumen antar fans MotoGP seperti gak habis habis dan melebar kemana mana… Lha gimana lagi, lha wong semua pada ngotot dengan argumennya sendiri sendiri, merasa benar sendiri, dan pelakunya juga gak ada yang mau ngaku…hufftt 😀 Singkat cerita, Valentino Rossi terlibat bentrok dengan juniornya Marc Marquez yang mengakibatkan Marquez terjatuh dan tak bisa bangkit lagi (lebay) 😀 Atas insiden tersebut coach RD (Race Director) memberikan ganjaran penalti poin 3 untuk Rossi…Berikut penjelasan dari RD Mike Webb kepada crash.net gan….

Menurut RD Mike Webb, baik Rossi maupun Marquez keduanya dinyatakan bersalah. Kesalahan Marquez menurutnya (RD) adalah sengaja memprovokasi Rossi. Sedangkan Rossi diberikan hukuman atas reaksi kepada Marquez yang menyebabkan crash. Tapi mungkin kita juga bertanya tanya, jika Marquez salah kenapa tidak diberi hukuman juga?? Nah, berikut penjelasannya…

Mike Webb: “Saya tidak akan mengutip apa yang pembalap katakan dalam persidangan tetapi saya akan memberikan ide umum,” Webb memulai “Jadi dari apa yang kita lihat muncul sebuah langkah disengaja Rossi untuk mendorong Marquez keluar trek, atau mendorongnya melebar.

“Kami mendengar dari kedua pengendara. Marquez mengatakan kepada kami bahwa ia hanya membalap normal dan , menyalip Valentino tanpa kontak. Yang mana itu benar. Dan ia tidak berniat mengganggu Valentino.

“Valentino di sisi lain mengatakan itu jelas baginya bahwa Marc sengaja memperlambat kecepatan dan membuat sulit bagi Valentino untuk balapan. Dia sengaja melebar pada tikungan untuk memberikan dirinya keuntungan dalam rangka untuk menjauh dari Marquez.

“Akhirnya, kita benar-benar percaya ada kesalahan pada kedua belah pihak.

“Meskipun apa yang sudah Marquez katakan, kami pikir dia sengaja mencoba untuk mempengaruhi laju Valentino. Namun ia tidak melanggar aturan apapun. Apa pun yang kita pikirkan adalah semangat kejuaraan, menurut buku peraturan dia tidak melakukan kontak. Dia menyalip dengan bersih. Dia membalap dalam aturan.

“Valentino bereaksi terhadap apa yang dilihatnya sebagai provokasi dari Marquez dan sayangnya reaksinya adalah manuver yang melanggar aturan. Ini cara yang tidak bertanggung jawab, dan menyebabkan kecelakaan. Jadi dia dihukum untuk itu. Kami percaya kontak disengaja. Dia mengatakan dia tidak ingin Marquez crash, tapi ia hanya ingin membuat dia melebar.

Mengenai kesalahan Rossi ini, Webb menjelaskan bahwa dirinya tidak memiliki bukti konkrit tentang tendangan kaki Rossi, tapi melihat adanya kesengajaan untuk menimbulkan kontak dengan Marquez

“Bukti Rossi adalah gerakan kaki yang datang dari footstep sebagai hasil dari kontak. Dari semua bukti video memang tidak ada gambar jelas yang pasti menunjukkan bahwa kakinya terpeleset dari footstep karena kontak atau bahwa ia sengaja menendang.”

Oleh karena reaksi Rossi tersebut beserta bukti buktinya, RD memutuskan memberikan 3 penalti poin. Pemberian 3 poin tersebut karena ada kesengajaan Rossi melebar yang menyebabkan kontak dengan Marquez sehingga crash. Menurut Webb Rossi bisa saja diberikan 5 poin karena ada kesengajaan menjatuhkan lawan, tapi karena RD mempertimbangkan juga adanya provokasi Marquez, Rossi hanya diberikan 3 poin. Yap…3 poin saja gan. Masih ringan kan?? Kesempatan juara masih terbuka… Masih ingat kasusnya Rins (Moto2) di Aragon kemarin??? Dia dihadiahi black flag karena manuvernya membuat rider lain crash. Lalu contoh kasus yang sama adalah Hanika dan Guevara di Moto3…Beruntung banget Valentino Rossi masih mendapatkan 3 poin dan start dari belakang di Valencia karena akumulasi poin.

“Kasus yang sama, terakhir kali terjadi di mana pengendara sengaja membuat manuver yang berakhir dengan kecelakaan di Jerez tahun ini [Hanika terhadap Guevara]. Dalam hal ini kita diberikan 5 Penalti Poin karena Hanika mengakui dia melakukannya dengan sengaja dan itu sebagai hasil dari dia frustrasi dengan pembalap lainnya.

“Jadi dalam hal ini Valentino mempertahankan bahwa dia tidak sengaja membuat manuver. Namun pandangan kami seluruh situasi – melihat semua bukti – adalah bahwa dia sengaja melebar dan sengaja menyebabkan kontak dengan mencoba membuat Marquez keluar jalur.

Dan mengenai kesalahan Marquez yang RD tidak menjatuhkan hukuman kepadanya, RD menjelaskan…

“Ini pendapat saya tentang cara dia naik, waktu putaran, persepsi saya adalah bahwa seperti kebanyakan dilakukan para rider, dia [Marquez] berusaha untuk mengubah balapan. Tapi aku sangat jelas bahwa dia tidak melanggar aturan. Jadi dia tidak dihukum.

“Namun kami mempertimbangkan ketika membuat hukuman pada Rossi, bahwa ia pasti mengalami provokasi. Tapi, seperti yang saya katakan kepadanya, tidak peduli apa provokasi ini. Anda tidak dapat bereaksi dengan cara yang menyebabkan pembalap lain crash.”

“Saya memiliki pendapat yang berbeda tentang lomba hari ini. Saya pikir dia [Marquez] melakukan sesuatu seperti itu (memperlambat tempo), tapi banyak pengendara di banyak kelas melakukan hal yang sama dan tidak ada aturan terhadap itu.”

Dari penjelasan diatas seharusnya semua sudah clear. Dimana letak kesalahan masing masing sudah jelas. Marquez memang terlihat memprovokasi Rossi dan kurang sportif, tapi dibalas dengan reaksi Rossi yang lebih tidak sportif lagi. Tidak ada asap jika tidak ada api…dan semua konflik ini mungkin saja tidak akan terjadi jika Rossi tidak menyulut api dahulu saat Prescon di Malaysia lalu. Dan itu sebenarnya juga termasuk sebuah provokasi dari Rossi juga untuk menggiring opini publik kepada Marquez…

Haiyaahh….itu tadi hanya sekedar opini saja gan. Selebihnya kita nikmati saja setiap pertunjukan di MotoGP ini sebagai hiburan melepas lelah… 😀 Monggo opininya bro!!!

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

7 tanggapan untuk “Penjelasan Race Director Terkait Sanksi Kepada Rossi Di #Sepangclash!!”

  1. buat fansboy rossi sepatu balap rossi yang bau terasi pun akan tetap terasa wangi.lagi pula kalau marc mau membantu lorenzo akan dilakukan sebelum phillip island bukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.