Berikut Ini Alasan Letak Posisi Tangki BBM Yamaha M1 MotoGP Pindah Ke Belakang

image

Anangcozz – GPmania, pada saat tes Valencia kemarin terlihat jelas perbedaan posisi tangki BBM pada motor M1 Rossi dan Lorenzo. Kini ada tambahan baru tangki BBM nya dibagian ekor M1. Sementara tangki BBM didepan tetap seperti semula tidak berubah. Hanya saja kini dengan tambahan tangki baru di ekor, letak tutup tangki juga pindah ke bagian tangki belakang.

Perhatikan tangki dan tutup tangki baru M1 pada gambar berikut:

image

Pengisi BBM pada Yamaha M1 pindah ke belakang. Jadi sekarang Yamaha M1 selain memiliki tangki BBM di bagian depan sebagian kecil dan sebagian besar dibagian bawah jok, kini ditambah ruang lagi di bagian ekor (buritan). Perubahan ini sebenarnya belum fix, masih dalam tahap uji coba akibat regulasi ban baru Michelin dan tambahan bahan bakar 2 liter kepada Yamaha dan Honda.

Sayang untuk desain bentuk utuh tangki baru Yamaha M1 ini tidak terekspose. Berikut ini gambaran tangki Yamaha ketika di Assen 2013 lalu yang masih terletak di depan dan bawah jok. Bisa dibayangkan sendiri jika ditambah dengan tambahan tangki dibelakang gan… 😀

image

Tangki BBM M1 2013 Assen

Alasan utama perubahan tangki BBM ini sebenarnya adalah
– Ban baru Michelin
– Tambahan 2 liter BBM untuk Yamaha
Ban baru Michelin memiliki karakter berbeda dari Bridgestone. Michelin bekerja baik di grip belakang namun kurang di grip depan. Sedangkan Bridgestone unggul grip depan dibanding grip belakang.

Pertanyaannya…, dengan menambah BBM baru di belakang bukankah itu akan semakin mengurangi beban bagian depan M1, dan berpotensi mengurangi grip ban depannya??
Inilah yang sedang di analisa Yamaha gan…karena Yamaha juga mendapat tambahan 2 liter BBM. Dengan tambahan BBM, Yamaha butuh ruang baru di M1 ini.

Jadi apakah karena Ban Michelin alasan utamanya?? Berikut jawaban Wilco Zelenberg, Manajer tim Lorenzo
“Ini adalah perbedaan keseimbangan grip [dengan Michelins], tapi kami juga memiliki dua liter bahan bakar yang lebih untuk tahun depan sehingga kita perlu membuat volume baru.”

“Ini belum sepenuhnya [diputuskan] jika kita akan menggunakan setup tangki ini. Kita tahu kita memiliki dua liter bahan bakar yang lebih untuk ditempatkan di suatu tempat sehingga ide ini diciptakan dan kami mencoba,” lanjut Zeelenberg

“Pada dasarnya kita bisa melaju dengan dua liter bahan bakar ekstra tetapi Anda tidak bisa pergi lebih cepat karena Anda memiliki airbox. Dan jika Anda membuat airbox lebih kecil, yang akan menjadi masalah!” tutup Zeelenberg.

Nah sudah clear kan…intinya letak tangki ini masih uji coba. Peletakan tangki di belakang merupakan alternatif saja karena merubah tangki depan sangat riskan karena berhubungan dengan sistem airbox. Dan jika harus merubah/memperkecil airbox maka bisa jadi masalah lain lagi… Ditambah lagi ekor M1 kan tidak ada knalpot seperti Honda dan Ducati jadi lebih aman ditempatkan tangki BBM.

Last, mengenai setup tangki BBM ini, masih memungkinkan Yamaha untuk mencoba beberapa set up pilihan baru, untuk mencari berat sempurna dan geometri untuk ban 2016. Kita tunggu saja hingga tes pra musim nanti, apakah Yamaha akan menggunakan setup ini atau merubahnya lagi.

Perbandingan desain tangki BBM MotoGP:

image

Tangki Honda RC213V

image

Tangki Ducati GP15

Contact
Email: cozanang@gmail.com
FB: Anangcozz
Twitter: @cozanang

Baca Artikel Lainnya gan…:

Iklan

One thought on “Berikut Ini Alasan Letak Posisi Tangki BBM Yamaha M1 MotoGP Pindah Ke Belakang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s