First Ride Yamaha MX King 150: Nyaman Untuk Harian, Akselerasi Mumpuni!!

image

Anangcozz – Brosis sekalian, kemarin diartikel sebelumnya kita sudah bahas mengenai desain dari Yamaha Jupiter MX King 150 ini. Bebek super yang menurut ACB paling sporty dengan fitur terbaik dikelasnya saat ini gan. Meski kehadirannya sering dibandingkan dengan motor ayago Honda dan Suzuki, tapi sebenarnya MX King berbeda dari keduanya. MX King memiliki ruang sendiri di segmen motor bebek. Desain udah dibahas, dan kali ini bagaimana dengan performa sang bebek super Yamaha ini??

Sebelum kita mencoba geber nih bebek,  perlu kita perhatikan dulu bagaimana ergonomi atau riding positionnya. Disini kita akan bisa merasakan feel-nya saat diatas motor sebelum kita geber habis.

√ Ergonomi,
Jupiter MX King 150 memiliki bodi yang lumayan bongsor dibandingkan dengan motor bebek kebanyakan gan. ACB yang memiliki tinggi badan 165cm dan berat 60kg ini agak jinjit saat berada diatas MX King. Cukup tinggi juga yak…. 😀 Perhatikan ergonominya dibawah ini.

image

image

Segitiga ergonominya masih seperti kebanyakan motor bebek lainnya. Tapi Jupiter MX King lebih rendah sedikit. Kalau dibandingkan dengan ayago masih nunduk ayago gan….sehingga MX King lebih nyaman posisi ridingnya. Saat menatap ke dashboard depan terlihat setang MX King terlihat ramping dan agak nekuk ke dalam, jadi lebih enak buat sliat sliut di keramaian jalan…

√ Performa,
Yamaha MX King 150 dibekali dengan mesin 150cc, SOHC, 4 klep, pendingin cairan yang merupakan turunan dari mesin Vixion dan R15. Pastinya dengan berat motor yang lebih ringan (115kg), akselerasinya dipastikan lebih nonjok. Dan itu terbukti,…ACB sudah merasakannya saat menjajal motor ini melewati jalanan kota Surabaya yang padat.

Putar kunci kontak ON, dan melihat spedometernya….langsung disapa “Hi Sayang”. Byuuuhhh….ati moro moro kroso tentrem, pengene cepet moleh ae 😀

image

Pengin spedometernya MX King kamu bisa nyapa “Hi Sayang” juga?? Ntar diartikel berikutnya akan ACB bahas gan… 😀
Masukkan gigi perseneling dan lepas kopling,… Hentakan torsinya cukup nyendal di putaran bawah hingga rpm menengah. Tarik gas sedikit saja, jambakan torsinya terasa banget gan…mak nyuut. Dengan ban depan kecil ternyata membuat handling terasa ringan saat diajak bermanuver. Ban belakang yang gambot, selain untuk gaya tetapi juga membuat percaya diri saat pengereman. Mungkin kendala yang ACB rasakan adalah pada wheelbasenya yang panjang. Sehingga menurut saya mengurangi kelincahannya saat diajak bermanuver.

Suspensi??
Suspensi depan maupun belakang terasa nyaman gan. Menurut saya tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu empuk, lebih moderat. Sehingga nyaman buat harian dengan berbagai macam medan jalan yang dilaluinya.
Begitu juga dengan sistem pengeremannya, pakem banget dan sangat mumpuni meski tanpa ABS sekalipun.

√ Akselerasi,
Soal akselerasi MX King tidak diragukan lagi, sangat responsif gan. Terutama tarikan awalnya. Enteng banget, tinggal colek dikit udah mau nyelonong aja nih motor. ACB mencoba geber hingga limit dengan menekan kopling seperti biasa, hasilnya:
– Gigi satu sekitar 45kpj
– Gigi dua >60kpj
– Gigi tiga 90kpj
– Gigi empat 105kpj
Gigi lima belum bisa mengeksplore lebih jauh karena keterbatasan lintasan. ACB hanya mampu membukukan topspeed 108kpj saja on the Spedometer dan 99kpj on GPS. Baru pindah gigi 5 trek sudah habis…gan. Tentu saja kecepatannya masih bisa dikail lebih cepat lagi dari itu.

√ SPESIFIKASI JUPITER MX KING 150

Overall, dari segi riding position Jupiter MX King 150 feelnya memang lebih sporty dibandingkan motor bebek lainnya. Untuk riding harian MX King terasa nyaman dan gak bikin pegal karena posisi setang pas banget dengan postur tubuh. Wheelbase yang panjang membuat MX King lebih stabil saat berakselerasi maupun deselerasi. Untuk performa mesin, saya rasa Jupiter MX King sudah lebih dari cukup untuk motor sekelasnya. Akselerasi jozzz, limiter dipasang di angka 10.000rpm lumayan panjang napasnya gan.

Contact
Email: cozanang@gmail.com
FB: Anangcozz
Twitter: @cozanang

Baca Artikel Lainnya gan…:

Iklan

12 thoughts on “First Ride Yamaha MX King 150: Nyaman Untuk Harian, Akselerasi Mumpuni!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s