First Ride Benelli TNT250: Fitur Oke, Power Baru Terasa Galak Di Putaran Atas!!

image

Anangcozz – Brosis sekalian, seperti janji ACB sebelumnya, diartikel kali ini saya akan mencoba menggali sedikit performa Benelli TNT250. Kehadirannya dikelas 250cc cukup menarik para biker tanah air. Karena tidak dipungkiri pula Benelli TNT250 yang bergaya motor Roadster ini tampilannya terlihat layaknya motor gede, ketimbang Streetfighter seperti Z250 atau MT25. Sehingga feel riding positionnya juga berbeda, lebih santai dan nyaman.

Ergonomi,
Dengan tinggi badan ACB 165cm, kaki ACB sedikit jinjit gan. Cukup kuat menapak di tanah namun dengan bobot motor yang mencapai 196kg ini sedikit terasa beratnya saat mencoba menggesernya maju mundur. Untuk rider yang punya postur tubuh lebih tinggi lagi tentunya akan lebih nyaman diatas Benelli TNT250 ini. Untuk dimensinya sendiri, Benelli TNT250 bisa dikatakan lebih besar dibanding motor sekelasnya. Maka tak salah jika sensasi diatas moge melekat pada pada desian TNT250 ini.

image

image

Riding positionnya nyaman dengan posisi tangan cukup relax saat mengendarainya, karena posisi setang barnya lebih tinggi dan lebar. Sensasi ergonominya sangat cocok untuk touring, dan perjalanan jauh karena lebih santai namun tetap sporty.

Performa,
Dalam tes ride Benelli TNT250 kali ini ACB mencoba impresinya terutama fokus pada akselerasinya saat digunakan  untuk riding harian. Dengan melewati jalur lalu lintas kota yang ramai dengan sesekali menggeber throttle motor hingga redline saat kondisi lengang.

Mesin Benelli TNT250 menggunakan sistem crankshaft 360 derajat. Dimana piston bergerak turun naik secara bersamaan atau sejajar, namun dengan timing pengapian yang berbeda. Ini yang membedakannya dengan mesin Ninja 250, R25, atau bahkan ER6 yang punya crankshaft 180 derajat dimana piston bergerak secara bergantian. Alhasil, suara mesin yang keluar dari underbelly bawaannya sangat khas mirip motor dengan silinder 4 apalagi saat rpm tinggi, suara semakin melengking dan padat.

Dengan suara yang sangar tersebut, pasti kita akan berpikir apakah mesinnya segalak suaranya?? Ternyata tidak gan 😀 Mesin Benelli TNT250 bisa dibilang karakternya kurang agresif di tarikan awalnya gan. Bahkan hingga rentang di 8000rpm power TNT250 masih terasa kurang njambak alias biasa saja.
Tapi lain halnya untuk putaran atasnya gan,.. Sampeyan akan terkejut saat mulai membetot gas masuk 9000rpm keatas. Di rentang itulah ACB mulai merasakan seperti ada hentakan power yang ganas dari dalam mesinnya. Power sebenarnya mulai terasa semakin galak dan terus mengisi diputaran atas.

Tarikan awal yang kurang greget ini kalau menurut ACB mungkin banyak faktor yang mempengaruhinya, bisa jadi karena karakter mesin overborenya atau konfigurasi sistem crankshaft 360° CMiiW….Selain itu bobot Benelli TNT250 ini mencapai 196kg gan, sedangkan motor lain sekelasnya hanya sekitar 160kg. Ada selisih 30kg-an gan…, yang secara teori pasti akan berpengaruh terhadap Power to Weight (PWR) dan Torque to Weigh (TWR) motor.

Handling dan Pengereman,
Untuk handlingnya sendiri, saya rasa tidak ada masalah. Cukup anteng saat diajak bermanuver. Busa Joknya tebal dan suspensi depan USD dan monoshock belakangnya pun bisa disetel kekerasaan untuk kenyamanan saat riding. Sistem pengereman bagian depan dilengkapi dobel wave discbrake dengan diameter 260mm, sedangkan belakang single wave discbrake 240mm. Soal pengereman wes gak usah khawatir lagi gan. Hasil impresinya sangat memuaskan.., pakem banget.

image

So, untuk urusan akselerasi, saya rasa Benelli TNT250 memang terasa kurang agresif dibandingkan dengan motor sekelasnya. Tapi untuk power atasnya cukup mumpuni gan….. Dengan Harga Rp 45,8juta OTR Jakarta, Benelli TNT250 memberikan sensasi berkendara yang lebih bervariasi di kelas 250cc.
Demikian review performa dari ACB dengan Benelli TNT250 gan. Semoga berguna.

√ Lebih detil desainnya di GALERI BENELLI TNT250 gan…

Spesifikasi Benelli TNT250
Tipe mesin  : 2 silinder, DOHC
Bore x stroke  : 61 x 42,7 mm
Kapasitas mesin : 249 cc
Tenaga maksimum  : 31,5HP / 12.000 rpm
Torsi maksimum  : 20 Nm / 9.000 rpm
Rasio kompresi  : 12:1
Starter  : Elektrik
Transmisi  : 6 percepatan
Berat kendaraan  : 196 kg
Rem depan : dobel cakram @ 260 mm
Rem belakang  : Tunggal 240 mm
Sok depan  : Upside down 41mm
Sok belakang  : Monosok
Ban depan  : 120/70-17
Ban belakang : 160/60-17

Contact
Email: cozanang@gmail.com
FB: Anangcozz
Twitter: @cozanang

Baca Artikel Lainnya gan…:

Iklan

9 thoughts on “First Ride Benelli TNT250: Fitur Oke, Power Baru Terasa Galak Di Putaran Atas!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s