Motor Trail 150cc Honda Pakai Mesin Verza 150??

image

Anangcozz – Brosis, rumor mengenai motor trail dual purpose 150cc dari Honda semakin ramai diperbincangkan. Mengenai namanya jika kita mengacu pada motor trail 150cc Honda di luar negeri ada kemungkinan menggunakan nama CRF150. Tapi ada juga kabar lain yang mengatakan jika Trail Honda ini akan di beri nama CRL150. Kira kira yang mana nih?? Hmmm….kita tampung dulu aja dulu info yang masuk.

Kabar selanjutnya adalah jika AHM akan menggunakan kode K84 untuk motor trail 150cc ini, sama seperti kode kode motor Honda lainnya dengan diawali huruf ‘K’. Mesinnya bakal menggunakan mesin Honda Verza 150. Kubikasi 150cc SOHC dengan pendingin udara.
Mengenai mesin yang disandangnya ini saya rasa memang cukup meyakinkan, karena mesin Verza sudah terbukti handal dan mudah perawatannya. Untuk jalanan off road torsi SOHC yang galak memang lebih dibutuhkan ketimbang power. Selain itu alasan lainnya adalah dengan mencomot mesin Verza akan lebih hemat biaya daripada mengembangkan/riset mesin baru lagi… Imho.

Jika kita melihat keluarga CRF150 di luar negeri kita juga akan melihat mesin yang mirip dengan mesin Verza yang digunakan. Bore x Stroke dan juga rasio kompresinya sama. Model blok dan kepala silindernya pun mirip. Perbedaannya mungkin pada girboks dan final girnya saja yang dirubah disesuaikan dengan karakter motor trail.

Spesifikasi CRF150:
Engine
Air-cooled single-cylinder four-stroke
Displacement : 149 cc
Bore & Stroke : 57.3 mm x 57.8 mm
Compression Ratio : 9.5:1
Valve Train : SOHC, 2 valves
Transmission : 5-speed with manual clutch
Final Drive : 13T/47T

image

Melihat produksinya yang ditarget di angka 3000 unit per bulan, sepertinya akan di benturkan langsung dengan Kawasaki KLX150 yang berada di angka 2500 unit per bulan. Semakin menarik saja kelas dual purpose ini. Ini tak lain karena memang sport dual purpose tanah air potensinya masih cukup menjanjikan. Sebagai gambaran saja Kawasaki dengan KLX150 nya yang laris manis dipasaran.

Contact
Email: cozanang@gmail.com
FB: Anangcozz
Twitter: @cozanang

Baca Artikel Lainnya gan…:

Iklan

4 thoughts on “Motor Trail 150cc Honda Pakai Mesin Verza 150??

  1. Ping balik: Trail gacoan baru Honda, sasisnya pakai model apa ya??? | sekedar coretan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s