Honda Sedang Kembangkan Major Update Mesin RC213V 2016??

image

Anangcozz – GPmania, tampaknya HRC adalah yang paling sibuk menyambut kompetisi 2016 dibandingkan tim pabrikan lainnya. Banyak pekerjaan rumah yang harus mereka selesaikan sebelum race perdana 20 Maret nanti di Qatar, terutama menyangkut masalah mesin RC213V 2016. Ada tiga poin yang menjadi titik fokus Honda saat ini yakni ECU, Ban, dan Mesin.

Sudah bukan rahasia lagi, agresifitas mesin RC213V menjadi masalah utama yang hingga kini Honda masih berjuang mencari solusinya. Puncaknya pada musim 2015, RC213V benar benar sangat agresif sehingga sulit dikendalikan. Beberapa langkah sudah dilakukan dengan kontrol elektronik baru, dan sasis untuk menguranginya. Namun dengan ECU baru, tampaknya masalah bukan selesai tapi malah menjadi bertambah. Antara mesin dan ECU baru masih belum bisa terintregasi sempurna. Bos HRC sendiri, Shuhei Nakamoto mengakui bahwa mereka mengalami kesulitan menjinakkan mesin RC213V. 

Namun baru baru ini ada sebuah kabar mencengangkan di kubu HRC. Kabarnya Honda kini tengah mengembangkan mesin 2016 dengan perubahan spesifikasi yang cukup signifikan. Hal ini diungkapkan oleh Pedrosa, “Kami melihat para insinyur di Jepang, mereka sibuk menganalisis data”. Lalu dari sebuah informasi dari Crash.net menyebutkan bahwa rider satelit Honda ( Cal Crutchlow, Tito Rabat dan Jack Miller ) bakal hanya akan menggunakan mesin 2015 untuk tes MotoGP pertama di Sepang awal Februari nanti. Nah, ini aneh sekali…Ini tidak biasa. Biasanya, HRC membawa mesin terbaru untuk musim mendatang kepada semua pengendara mereka di tes Sepang, dengan rider pabrikan Repsol Honda memiliki konfigurasi tambahan seperti chassis untuk di uji.

image

Dari sanalah muncul spekulasi jika mesin RC213V 2016 baru ini bakal turun di Sepang tapi hanya untuk Pedrosa dan Marquez saja. Di Sepang kemungkinan Honda tidak akan terlalu fokus pada mesin baru. Karena kita tahu pengalaman tes pra musim Sepang 2015 lalu adalah awal semua masalah Honda di musim 2015…cuaca panas ekstrem di Sepang membuat mesin RC213V tidak terasa agresif oleh rider. Tapi, begitu tes selanjutnya di Qatar dengan cuaca yang lebih dingin, barulah terasa jika mesin RC213V masih terlalu agresif…mau merubah spesifikasi?? Sudah tidak ada waktu lagi gan. Race perdana di Qatar, pengembangan mesin pabrikan sudah dibekukan….jadi mau tidak mau, musim 2015 lalu semua rider Honda harus berjuang dengan mesin super agresif ini.

Untuk mesin 2016 ini, arah pengembangan RC213V akan di bebankan pada Pedrosa dan Marquez saja. Tes pra musim di Phillip Island dan Qatar bakal menjadi fokus utama Honda dalam mengembangkan mesin 2016 ini karena memiliki cuaca yang lebih bersahabat untuk pengujian. Selain itu dengan mengandalkan Marquez dan Pedrosa saja, bisa menghemat biaya produksi mesin sebelum spesifikasi final mesin RC213V 2016 benar benar ditentukan. Dengan begini, kemungkinan terburuk bagi rider Satelit Honda adalah mereka baru bisa mencicipi mesin baru ini di race perdana Qatar pada 20 Maret nanti gan 😀

Last, sebagai persiapan menjelang musim 2016 tampaknya Ducati dan Yamaha lebih siap dibanding Honda. Mereka terlihat cukup adem ayem yak… Apakah proyek Honda dengan mesin baru ini akan membuahkan hasil positif?? Kita lihat saja nanti gan…Seru!!!

Contact
Email: cozanang@gmail.com
FB: Anangcozz
Twitter: @cozanang

Baca Artikel Lainnya gan…:

Iklan

2 thoughts on “Honda Sedang Kembangkan Major Update Mesin RC213V 2016??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s