Opini: Honda CBR150R Facelift (K45G) Harusnya Tetap Pakai Mesin DOHC Overbore!!

image

Anangcozz – Brosis sekalian, salah satu motor yang paling ditunggu kedatangannya tahun ini adalah CBR150R facelift. Yap, Honda CBR150R dikabarkan akan meluncur versi faceliftnya dengan kode K45G tahun ini gan. Ada update tampilan baru dan kemungkinan juga mesin baru…wew menarik sekali…Tapi kali ini ACB gak bahas tampilannya gan, tapi soal mesinnya.

Nah soal mesinnya nih…jika kita menilik info dari blogger blogger kondang tanah air, mereka sepakat jika CBR150R facelift bakal menggendong mesin yang sama dengan new CB150R yakni DOHC near Square….jadi bukan lagi DOHC overbore lagi gan. Alasannya cukup masuk akal, karena untuk menekan biaya produksi dengan menggunakan common part mesin yang sudah ada (new CB150R & Sonic 150R).

Tapi tunggu dulu….ada satu lagi bocoran informasi yang tak kalah menarik dari Otoplus yang di share om Gokil di sini. Menurut info dari Otoplus malah sebaliknya, mesin Honda CBR150R bakal tetap mempertahankan mesin DOHC overbore saat ini (K45A) dengan penyempurnaan part seperti Cam dan maping ECU…lhaaaa ini..!!?

“Rangka tetap trelis, begitupun mesin masih generasi CBR, bukan mencaplok mesin generasi cb/sonic. Tampaknya honda ingin membuat perbedaan karakter mesin antara cbr series dan cb series. Mesin lebih ke penyempurnaan part, salah satunya di kem dan maping ECU.” (Sumber: tabloid otoplus 29/xiii).

image

Mesin Honda K45A CBR150R Lokal

Nah loh…kalau opini pribadi, ACB setuju banget dengan opsi dari Otoplus nih. CBR150R facelift tetap mengunakan mesin lawas dengan penyempurnaan part dan maping ECU. Kenapa?? Karena ACB berharap ada differensiasi antara produk disini. Mesin DOHC Square saat ini sudah banyak di pecah pecah bro…untuk Sonic 150R, new CB150R dan rencananya juga bakal di cangkokkan di bebek super Supra X150. Rasanya kok gak ada prestige – nya sama sekali ya bro…

Jadi kalau mau menurut ane sih biarkan DOHC overbore yang berkarakter high-revs, power atas yahud, dan topspeed tinggi ini di miliki CBR150R ini. Ingat, rasa gak pernah bohong bro…gak semua biker suka motor yang enak buat tarikan awal doang. Banyak dari kita yang suka motor dengan karakter high revs, power yang terus ngisi hingga rpm atas…!!! Lah…Tapi kan motor akselerasi nampol lebih enak saat jalanan macet??? Gak juga, kalau jalanan macet tuh gak pandang motor,…mau motor sohc, dohc, overbore, overstroke, atau square pun semua pasti gak bisa gerak wkwkwkw. Tergantung kita yang pakai, kalau sudah klop dengan motor, jalanan/mesin apapun, ya eces aja bro….IMHO.

Ini soal selera, feel dan taste…bung.
Setuju dengan kata om Gokil nih…
“Karena jiwa motor sport full fairing terletak di konstruksi engine-nya yang overbore, bukan near-square apalagi overstroke.”

Hmmmm….udah dulu ye curhatnya…hehehe. Namun sekali lagi saya katakan ini masih bocoran ya gan. Sifatnya dinamis, bisa saja di pertengahan jalan nanti berubah lagi, siapa tahu. Kita tampung saja dulu semua informasi yang masuk. Kita kunyah kunyah, tapi jangan ditelan dulu…tahan….kalau udah hilang manisnya, sepah dibuang saja #ehhh…Gak nyambung :mrgreen:

Kalau menurut brosis disini gimana nih pendapatnya?? Monggo di share…

Contact
Email: cozanang@gmail.com
FB: Anangcozz
Twitter: @cozanang

Baca Artikel Lainnya gan…:

Iklan

7 thoughts on “Opini: Honda CBR150R Facelift (K45G) Harusnya Tetap Pakai Mesin DOHC Overbore!!

  1. Ping balik: Hot!! Ini Dia Renderan Honda CBR150R Facelift 2016, Mendekati Aslinya!! | AnangCozz's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s