MotoGP: Winglets Akan Semakin Berguna Di Musim 2016

image

Anangcozz – GPmania, Ducati telah membuat winglets (sayap aerodinamis) menjadi tren baru lagi di MotoGP. Ducati mulai mencoba winglets pada awal musim 2015 lalu di race perdana Qatar.

Setelah itu, winglets terus dipakai Ducati hingga kini. Malah untuk sekarang ini tim pabrikan Ducati pasang winglet dobel di Desmosedici GP16-nya. Selain Ducati, Yamaha juga mulai tertarik dengan winglets ini gan. Terlihat di race Misano 2015 lalu, Yamaha pakai winglets juga di M1-nya.

image

Winglet ducati

image

Winglet yamaha

Untuk musim 2016 ini dengan penggunaan ban baru Michelin, sepertinya winglets akan semakin berguna bagi para pembalap….lhoh kok bisa??
Ini ada keterkaitan antara fungsi Winglet dengan karakter ban Michelin. Kita tahu ban Michelin memiliki grip ban belakang sangat bagus, tapi grip ban depan kurang bagus. Dengan grip ban belakang yang besar, analoginya motor akan semakin gampang wheelie. Nah, Winglets didesain dengan tujuan untuk memberikan downforce (gaya tekan ke bawah) pada ban depan, sehingga meningkatkan traksi ban depan yang akhirnya bisa meningkatkan akselerasi.

Jadi, Winglets akan sangat membantu mengurangi wheelie dan power terbuang percuma terutama pada saat keluar tikungan ketika motor siap berakselerasi…
Last, dengan melihat fungsi winglet yang lumayan krusial untuk membantu aerodinamika motor, apakah pabrikan lain, selain Ducati dan Yamaha akan mencoba mengaplikasikannya juga di musim 2016 ini??
Kita lihat saja nanti…

Iklan

3 thoughts on “MotoGP: Winglets Akan Semakin Berguna Di Musim 2016

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s