Yamaha R15 Facelift 2016 Kubikasi Naik Menjadi 155cc, Ada Kemungkinan Pakai VVA?

image

Anangcozz – Brosis sekalian, asli bikin kepo tenan tentang calon the next Yamaha R15 gan. Pasca kelahiran all new CBR150R, rumor rumor baru mengenai calon next R15 semakin gencar berhembus. Salah satu kabar yang cukup menarik dan sangat realistis adalah kabar jika next R15 bakal mengusung mesin baru dengan kubikasi dinaikkan menjadi 155cc (disini). Hal ini di ketahui setelah munculnya kode nama YZF-155 untuk unit ekspor ke negara asean dan negara tetangga.

Apakah next Yamaha R15 di Indonesia juga akan mengalami upgrade peningkatan kubikasi menjadi 155cc?? Kemungkinan besar itu bisa saja terjadi, mengingat posisi Yamaha R15 saat ini sedang “terjepit”. Terjepit karena kita tahu AHM baru saja meluncurkan Honda K45G atau All New CBR150R 2016 yang merupakan lawan terdekat R15. Secara tampilan lebih fresh dan tak kalah sporty dari R15. Secara performa diatas kertas, mesin CBR150R juga setingkat diatas R15. Jadi, dalam kondisi “terjepit” seperti saat ini, mau tidak mau Yamaha harus melakukan upgrade R15. Wajib ain!!!

Peningkatan Kubikasi

Salah satu cara paling murah dan sudah lumrah dilakukan Yamaha adalah menambah kapasitas kubikasinya dari 150cc menjadi 155cc. Paling gampang adalah dengan melakukan oversize atau bore up silinder mesin yang 150cc saat ini sehingga kubikasi naik menjadi 155cc. Dijamin power dan torsi langsung nambah, kalau bisa lebih tinggi dari power new CBR150R di 17,1PS. Dengan begitu R15 akan memiliki nilai tambah yang bisa dibanggain terutama di sektor mesin ini.

Adakah hubungannya dengan spyshot R15 yang tertangkap kamera sedang tes jalan beberapa waktu lalu itu?? Hmmm….maybe yes, itu adalah next R15 yang sedang kita bicarakan saat ini. Secara tampilan ada sedikit perubahan namun dengan cita rasa yang hampir sama seperti versi saat ini. Dan tes jalan ini dilakukan untuk mencari data data dengan mesin baru ini. Imho…

Strategi Pelarian Yamaha

Strategi peningkatan kubikasi mesin seperti ini sudah biasa dilakukan Yamaha sejak dahulu di semua segmen motor, baik itu motor bebek, skutik maupun sport. Tujuannya jelas untuk memberi nilai tambah dari produk kompetitor. Dan strategi seperti ini sudah biasa dilakukan, sehingga terkesan Yamaha “lari” dari pertarungan head to head dengan kompetitor. Seperti misalnya jaman motor bebek honda 100cc, bebek Yamaha naik 110cc, lalu bebek dan matik honda naik 110cc, yamaha lari ke 115cc, dan saterusnya dan seterusnya. Dan kini kasus R15 kayaknya strateginya bakal mirip lah…

Teknologi VVA yang paling ditunggu

Selain penambahan kubikasi, Yamaha sebenarnya masih punya satu senjata lagi yang tak kalah ampuh jika di realisasikan, yakni VVA(variable actuation valve). Teknologi yang kini sudah disematkan pada Yamaha Nmax 155. Opsi penambahan VVA bisa jadi alternatif strategi kedua yang paling ditunggu dari Yamaha tahun ini. Dengan VVA mesin lebih leluasa untuk di modifikasi distribusi powernya. Untuk santai OK, untuk kencang juga OK. Tentunya dengan kombinasi mesin SOHC 4 klep plus VVA, akan memberikan nilai lebih yang menggiurkan daripada harus riset mesin DOHC yang mahal dan butuh waktu yang banyak.
Selain itu secara positioning produk tidak akan mengganggu produk lainnya karena R15 sendiri adalah klan sport tertinggi Yamaha saat ini. Bahkan jika opsi kedua ini berhasil, maka bukan tidak mungkin adik adiknya seperti NVA, Xabre bahkan MX King pun bisa mengikuti jejak R15….Jozzz!!

Soal YZF-R15 mesin 155cc ini kabarnya tidak sampai pertengahan tahun ini akan hadir gan. So, Yamaha….ditunggu upgrade R15 terbaru nya ya… :mrgreen:
Monggo digeber komentarnya gan…!!

Iklan

Diterbitkan oleh

anangcozz

Newbie blogger, Asli Malang. Suka sekali dunia otomotif terutama roda dua, motoGP pokoknya all about motorcycle..monggo saling berbagi informasi dan persahabatan baik di dunia nyata. Jika ada kritik dan saran yang membangun, bisa digeber kepada saya di, Email: cozanang@gmail.com Terima kasih.

12 tanggapan untuk “Yamaha R15 Facelift 2016 Kubikasi Naik Menjadi 155cc, Ada Kemungkinan Pakai VVA?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.