Penggunaan Winglets Di MotoGP Menjadi Dilema!!

image

Anangcozz – Gpmania, akhir akhir ini penggunaan winglets atau sayap merebak di beberapa motor balap. Tim Ducati yang pertama kali menerapkan sayap ini di era MotoGP modern ini. Selanjutnya di ikuti tim Yamaha Movistar tahun lalu. Lalu yang terbaru, Tim Repsol Honda yang sebelumnya tidak menggunakan winglets, di tes perdana Qatar tadi pagi terlihat ikut menggunakan winglets! Tragisnya lagi tim Mahindra Moto3 pun ikut terjangkiti virus ini….wadaoww. Sepertinya virus winglets ini sudah menjamur di tim balap MotoGP gan.

Karena semakin merebaknya penggunaan winglets ini, kini mulai muncul pro dan kontra mengenai winglet ini. Jika menurut feeling rider yang menggunakan winglet, winglet bisa mengurangi berat motor hingga 30kg, tapi ada juga yang mengatakan 2kg saja. Namun hingga saat ini belum ada bukti ilmiah atau grafik yang menyebutkan fungsi dan manfaat penggunaan winglets ini.

Disisi lain, beberapa pengamat MotoGP dan juga para fans menyayangkan penggunaan winglet ini. Karena menurut mereka penggunaan winglet merusak keindahan motor itu sendiri. Motor balap dengan desain terbaik yang indah kini sudah ketambahan ornamen ornamen sayap yang malah terlihat konyol… 😀

David Emmet: “Real dilemma with winglets. Interesting innovation, but aero can turn into a spending war. Sport loses.”

Penggunaan winglet sayap menjadi dilema, disatu sisi winglet dinilai sebagai inovasi yang menarik, namun di sisi lain dinilai merusak estetika, dan lain sebagainya.

Nih penampakan beberapa motor yang sudah pakai sayap winglet ini,

image

image

image

Winglet Mahindra Moto3

Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin suatu saat nanti motor motor MotoGP dan kelas balap lainnya akan menggunakan sayap sayap di motor mereka. Bisa dibayangkan bukan…nih motor apa pesawat yak??
Hmmm…mungkinkah FIM akan menerbitkan regulasi baru mengenai sayap ini? Kita tunggu saja gan. Monggo pendapatnya.

Iklan

3 thoughts on “Penggunaan Winglets Di MotoGP Menjadi Dilema!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s