Semua Bisa Menjadi First Mover Dan Juga Follower, Jadi Gak Usah Baper!!

image

Anangcozz – Sudah lama mau bahas ini, tapi gak pernah sempat gan. Gontok gontokan antar fansboy motor tanah air yang selalu menarik, dan kadang bikin ngakak sendiri. Gak cuma para fans saja, tapi ada juga petinggi ATPM-nya yang sampai ikut baper karena merasa strateginya selalu diikuti rivalnya. Siapa itu?? Siapa lagi kalau bukan Yamaha vs Honda. Kebetulan memang dua pabrikan ini yang paling panas persaingannya 😀

Kalau saya sendiri menangkap fenomena ini sebagai hal yang wajar saja karena persaingan keduanya masih dengan cara yang baik dan tidak curang. Dan antara satu pabrikan dan pabrikan lain ada keterkaitan satu sama lain, termasuk dalam hal strategi seperti ini.

image

Pic. Sibemo

Ada sebab dan akibat

Gak ada asap jika tidak ada api…seperti itulah gambaran perang strategi antar pabrikan. Masing masing berusaha lebih unggul baik dari segi mesin, desain, dan fitur untuk memikat hati konsumennya. Tujuannya satu, agar produknya lebih bisa diterima dan banyak diminati masyarakat yang pada akhirnya bisa meraup keuntungan sebanyak banyaknya. Pabrikan mana yang tidak ingin produknya laris?? Kesuksesan pabrikan itu bisa dilihat dari hasil penyerapan produknya ke pasar lho…

Vixion vs CB150R

Sebagai contoh kita ambil cerita disegmen sport dulu. Bertahun tahun Honda mendominasi pasar dengan mesin GL seriesnya karena lebih irit, ramah lingkungan dan bertenaga. Hal ini yang kemudian memicu pabrikan lain untuk memutar otak berusaha untuk bagaimana membuat produknya lebih unggul lagi. Nah, sebagai akibatnya, muncullah Yamaha Vixion generasi pertama di tahun 2007…!!! Ini menjadi gebrakan pertama dari Yamaha. Untuk menantang GL series tak tanggung tanggung mesin 4tak, 4 valve injeksi pertama di segmen sport di luncurkan. Jelas secara teknologi, performa bisa dikatakan setingkat diatas GL series pada saat itu. Perlahan lahan Vixion semakin merajai segmen sport ini.

image

Apakah sudah berakhir?? Belum…karena GL series sudah tak mampu lagi mengejar Vixion, akhirnya tahun 2013 lahirlah CB150R edisi pertama yang menurut saya sebuah revolusi besar dari Honda saat itu. Karena Honda berani mencangkokkan mesin 150 DOHC pertama di kelas entri level dan juga rangka trellis pertama dikelasnya. Jadi kalau ada yang bilang CB150R dibilang menjiplak Vixion itu…mungkin fansboy abal abal tuh 😀 lha wong gak ada yang serupa atau sama diantara keduanya. Mesin beda, rangka beda, desain beda…lha kok dibilang sama!!! Perlu pakai kacamata mungkin melihatnya hehehe. Piiisss.
Dan kedepannya nanti saya yakin pasti akan ada pergeseran dalam adu strategi, baik teknologi mesin dari SOHC ke DOHC, rangka dan desain. Sekarang first mover nanti bisa saja jadi follower, sekarang diatas, besok dibawah, dan seterusnya dan seterusnya…karena dunia terus berputar.

Perang Fitur Matik Yamaha vs Matik Honda

Itu di segmen sport, di segmen matik pun juga demikian. Mulai dari jamannya Nouvo, lalu Mio, lahirlah Beat, dan Vario. Hingga sekarang muncul fitur2 keren seperti Answer Back System, Side Stand Switch, dan Idling Stop di matik Honda yang beberapa fitur juga mulai diterapkan di produk Yamaha. Semua saling terkait, saling berlomba berkompetisi menjadi yang terbaik di mata masyarakat. Siapa yang mau mendengarkan masukan dari mayoritas konsumen pasti dialah pemenangnya…

image

Jadi, gak ada istilahnya first mover, creator, pengikut, pengekor, nebeng, penjiplak dan lain sebagainya di kamus ACB. Semua itu karena sebab dan akibat…hukum alam. Jadi teringat lirik lagu Radja nih yang “Aku ada karena kau ada”….nah cocok wes :mrgreen: Wes gak usah baper, gak usah muring muringan, woles saja, karena persaingan akan terus ada dan kita harus siap menghadapinya. Jangan pernah berhenti, karena sekali saja kita berhenti maka kita akan ketinggalan kereta. Begitu…
IMHO…
Kalau menurut brosis disini??

Iklan

9 thoughts on “Semua Bisa Menjadi First Mover Dan Juga Follower, Jadi Gak Usah Baper!!

  1. bikin artikel beginian bukannya gak mau lek, wkwkwkkw.. tar malah dicap baper, wis lah meneng ae, tp ya memang kudu ada yang bikin juga sih wkwkwk..
    habis baca artikel ini kalau ada FB yang ikut baca pasti sampeyan dianggap bela sayap kepak 😛

  2. yup… bener lek..tapi biasanya yng bilang follower dll itu anak anak Fansboy yg baru gede, yg cuma punya motor bebek, di dunia nyata kurang perhatian, jd minta perhatian di dunia maya..hehehe ( BAPER GAK nih komen saya )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s