Indospeed Racing Series (IRS) 2016, Ajang Pembuktian Keseriusan Yamaha Di Ajang Balap Motor Tanah Air!!

image

Anangcozz – Sobat sekalian, sudah dari zaman ACB masih kecil dulu, Yamaha selalu dominan di setiap ajang balap baik lokal maupun Nasional. Begitu juga di event balap Nasional bertajuk Indospeed Racing Series IRS tahun ini. Di seri pertama saja sudah terlihat jelas kesiapan mereka mulai dari motor, tim, dan dana yang saya rasa tidak sedikit.

Dikelas Sport 150cc contohnya, Tim Yamaha begitu mendominasi. Tidak tanggung tanggung mereka membawa pasukan begitu banyak di kelas ini. 19 pembalap diturunkan.
Percaya diri?? Jelas…!! Yamaha memiliki persiapan yang sudah matang disini. Berbekal basis mesin SOHC 150cc R15 yang sudah teruji melalui berbagai riset dengan dana yang tidak murah, Yamaha sudah memiliki data data dan paket motor yang komplit dan didukung penuh pabrikan dibandingkan dengan tim lain.

image

Dikelas sport 250 cc pun demikian. Bisa kita lihat dari seluruh pesertanya adalah pembalap Yamaha dengan motor R25, kecuali satu saja dari Honda. Dikelas ini Yamaha juga selangkah didepan kompetitor. Yamaha sudah lebih dulu melakukan riset untuk R25 yang memang dipersiapkan sebagai jagoan mereka baik Nasional bahkan Asia di ajang ARRC. Maka tak heran jika dikelas 250cc ini semua diborong Yamaha!!

Honda mana Honda??

IRS tahun ini sepertinya memang menjadi ajang pertarungan dua pabrikan saja, Honda versus Yamaha. Yang lainnya entah kemana…Kawasaki dan Suzuki tidak menurunkan skuadnya. Jadi mohon dimaklumi pembahasannya kali ini ya antara Honda dan Yamaha saja…hehehe.

Untuk dua kelas diatas, bolehlah dikatakan Honda masih belum begitu fokus. Terbukti mereka masih menggunakan motor old CBR150R dikelas sport 150cc. Padahal kan seharusnya mereka menggunakan New CBR150R. Fokus Honda terpecah disini, karena secara promosi marketingnya old CBR150R sudah tidak lagi menjual, toh motor juga sudah tidak diproduksi lagi. Jadi percuma saja jika harus jor joran melakukan riset mesin dan dana besar tapi tidak mendukung sisi penjualan dalam hal ini All New CBR150R yang baru saja launching. Tapi…disisi lain jika mereka harus turun dengan new CBR150R, mereka masih terlalu dini dan masih butuh riset mesin yang tidak singkat.

Dikelas 250cc juga demikian, jelas tidak ada kepentingan besar Honda dikelas tersebut. Apa yang mau dipromosikan?? CBR250R boleh dibilang sudah gak laku lagi dipasaran…malah fokus Honda saat ini adalah menyambut Honda CBR250RR yang sebentar lagi akan lahir. So, kalau ada 1 pembalap Honda yang ikut di race tadi dengan CBR250R, mungkin sebagai penghibur lara saja… šŸ˜„

Jadi, kalau menurut saya…FBH jangan berharap banyak deh Honda akan menang di dua kelas diatas tahun ini…ngoahahaha.
Eit tapi para FBH jangan kecil hati dulu, karena Honda masih memiliki kelas dimana mereka sudah memiliki kekuatan disana. Dimana lagi kalau bukan kelas Supersport 600cc. Bisa dilihat deh hasilnya di 2 race tadi dan kemarin…race 1 dan 2 podium di sikat pembalap AHRT. Hanya saja kelas ini gengsinya gak seseru dibandingkan kelas 150cc dan 250cc.

image

Honda mendominasi kelas 600cc, kenapa?? Karena Honda CBR600RR besutan AHRT ini sudah malang melintang di ajang balap Nasional maupun Asia (ARRC). Honda CBR600RR sudah memiliki paket komplit disini, mesin dan motor sudah melalui riset panjang sama halnya seperti Yamaha dengan basis mesin R15 nya.

Inilah balapan gan…siapa yang lebih fokus dan siap baik riset dan dana, dialah juaranya. Yamaha sudah menjadikan event balap ini sebagai ajang promosi kuat bagi mereka. Disinilah keseriusan Yamaha…paket komplit dan sudah teruji. Sehingga imej balap sangat kental sekali di motor motor Yamaha.

Makanya akan sangat berat bagi mereka jika suatu saat nanti harus meninggalkan mesin 2PV SOHC 150cc nya…karena jika mereka beralih dengan mesin DOHC 150cc, mereka harus riset mesin dari Nol lagi. Ketika mereka baru memulai riset, paket DoHC Honda di pastikan sudah lebih siap…dan hasil akhirnya bisa di bayangkan sendiri… Just my opinion…
Menurut sobat??

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s