Honda Supra X150 Naik Kasta, Tapi Apakah Penjualannya Akan Semoncer Supra X125??

image

Anangcozz – Hari ini Supra X150 sukses bikin geger dunia otomotif tanah air gan. Yap, bebek super dari Honda ini memang sedang ditunggu tunggu kedatangannya tahun ini. Meski belum di launching di tanah air, tapi peluncurannya di Vietnam telah membuat biker tanah air semakin antusias…bagaimana kira kira prospek ke depan dari Supra X150 ini?? Apakah dengan ubahan total saat ini bisa semakin menarik minat konsumen tanah air??

Honda Supra X150 naik kasta dari kapasitas mesin 125cc menjadi 150cc. Secara performa Supra X150 dengan mesin barunya mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Dari 125cc menjadi 150cc, dari SOHC menjadi DOHC, dari 4 percepatan kini menjadi 6 percepatan, dari kopling semi-manual menjadi manual. Praktis taste raja bebek Supra X125 yang kalem, elegan, fungsional dan sangat user friendly untuk semua kalangan masyarakat  hilang di Supra X150.

Jika kita flashback lagi kebelakang, salah satu faktor penyebab moncernya penjualan Supra X125, bukan karena mesin yang powerfull, desain yang sporty abiis lho. Tapi karena desain yang fungsional dan user friendly. Karena kalau bicara mesin dan sporty, jelas MX King lebih OK, mesin lebih powerfull dan sporty.

Supra X125 dipilih karena:

Desain Fungsional
Supra X125 bergaya elegan dan tidak terlalu sporty, namun fungsional. Dengan perubahan desain Supra X150 saat ini yang makin sporty, lebih agresif, tentunya fungsionalitas jadi berkurang. Misalnya fungsi bagasi jok yang  kemungkinan di hilangkan, kalaupun ada pasti kapasitasnya makin kecil. Dengan adanya tuas kopling di tangan kiri, pengendara jadi gak bisa leluasa melepas setang kiri ketika membawa barang di tangan. Tidak seperti saat menggunakan Supra X125, bisa bawa barang lebih banyak dan mudah.

image

User Friendly
Tidak semua orang bisa menggunakan motor kopling manual lho, terutama ibu ibu, para wanita, remaja dan mereka yang tidak terbiasa dengan motor kopling manual. Itulah kenapa banyak masyarakat lebih memilih Supra X125,  karena mudah digunakan. Selain itu, mesin 125cc Supra X125 terkenal halus dan bandel.
Nah, bicara soal Supra X150 dengan mesin barunya DoHC 150cc plus kopling manual, sedikit banyak akan mempengaruhi mindset masyarakat untuk menentukan pilihannya. Pilih karena mengejar sporty apa fungsional??

Dua faktor di atas kalau menurut ACB akan cukup berpengaruh terhadap ruang lingkup target pasar Supra X150 nantinya. Bukan semakin luas, tapi malah semakin mengerucut ke kalangan pecinta motor bebek sport saja. Supra X150 kini makin ke Jupiter MX King, padahal kalau kita lihat penjualan Jupiter MX King sebenarnya kurang begitu bagus. Meski distribusinya tiap bulan tembus 10 ribu lebih, tapi di jalanan umum sangat jarang terlihat. Beda dengan Supra X125 yang banyak sekali berkeliaran dijalan meski data AISI-nya mirip dengan MX King 150.

Atau…opsi terakhir gan…AHM bakal melakukan strategi seperti pada Vario 125 dan Vario 150 ?? Jadi, Supra X150 akan berjalan beriringan dengan Supra X125…IMHO. Dengan sumberdaya yang berlimpah, kayaknya tidak masalah bagi AHM melakukannya.
Demikian hasil penerawangan ACB, mungkin teman teman disini bisa memberikan hasil terawangannya juga…silahkan berkomentar.

Iklan

5 thoughts on “Honda Supra X150 Naik Kasta, Tapi Apakah Penjualannya Akan Semoncer Supra X125??

  1. kalau menurut saya itu bukan untuk menggantikan sang raja..
    tetapi masing masing berjalan pada segmen nya.. dan toh supra x125 tidak disuntik mati bukan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s