Race MotoGP Jerez: Pembuktian Rossi, Ketenangan Marquez!!

image

Podium Jerez 2016

Anangcozz – Race MotoGP Jerez menjadi ajang pembuktian bagi Valentino Rossi. Dengan berhasil mempecundangi duo Spanyol di kandang mereka, tentunya akan menjadi hari yang sangat membahagiakan bagi Rossi dan fans. Disisi lain secara psikis akan melecut semangat mudanya (meski sebenarnya sudah gak muda lagi 😆 ) untuk menatap race race selanjutnya.

Jerez…sirkuit dengan karakter tikungannya yang mengalir dan rapat, trek lurus cuma 607m saja. Karakternya memang sangat cocok dengan motor Yamaha yang memiliki power tidak terlalu besar namun memiliki kestabilan yang lebih dan lincah bermanuver. Makanya tak heran jika Yamaha sangat kuat disini ketika memiliki setup yang bagus.

Selain itu, kita tahu Valentino Rossi adalah King of Jerez. Sebanyak 7 kali (termasuk race tadi) dia berhasil juara disini… dan pada saat itu ketika masih di era Michelin dulu. Makanya saat presscon kemarin, Rossi mengatakan jika dia merasa feel-nya seperti ke jaman mudanya dulu.
Jadi ada banyak faktor kemenangan Rossi kali ini. Ini harinya Rossi dan Rossi pantas mendapatkannya. Di usianya yang tidak muda lagi 38 tahun, tentu saja ini menjadi bukti jika Rossi belum habis….skill tingkat dewa melibas tikungan tikungan khas ala Rossi tersaji di Jerez dengan sangat rapi.

Ada satu faktor lagi yang menurut saya menguntungkan Rossi, yakni aspal Jerez yang licin dan tidak terlalu abrasif. Di dukung motor yang OK, skill Rossi yang sudah terasah lewat latihan motor dirt bike di lintasan tanah, rasanya cukup menyenangkan dan tidak menyulitkan baginya…imho.

Ketenangan Marquez

Marc Marquez terlihat cukup puas di posisi ketiga hari ini. Hasil ini tampaknya memang sudah di prediksikan olehnya sebelumnya. Dia tahu, Yamaha kuat disini, makanya dia tidak terlalu memaksakan diri yang bisa berakibat fatal. Beberapa kali terlihat dia melebar dan kehilangan waktu mengejar duo Yamaha. Ketenangan Marquez terlihat disini, dengan tidak terlalu ambisi dan lebih mencoba menjaga ritme pada level aman.
Dalam presscon kemarin sempat ditanyakan ke Marc, dimana posisi ideal saat masuk tikungan terakhir last lap di Jerez??
“Well, mungkin ketiga adalah posisi terbaik untuk melihat pertunjukan nanti.” jawabnya. Realistis…!!

Lorenzo??
Hmmm….tampaknya Lorenzo harus mengakui keunggulan Rossi kali ini. Dia memang cepat, tapi kali ini Rossi paling cepat.

Masih ada 14 race kedepannya, masih banyak kesempatan untuk menjadi juara,…konsisten salah satu kuncinya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s