Overreved, Penyebab Kerusakan Mesin Yamaha M1 Rossi Di Mugello

image

Anangcozz – Teka teki mengenai penyebab kerusakan mesin M1 Valentino Rossi di Mugello akhirnya semakin menemui titik terang. Sebelumnya analisa dari beberapa pengamat MotoGP mengatakan jika penyebab kerusakan adalah karena mesin overheat. Namun yang terbaru informasi dari sumber internal Yamaha menyebutkan bahwa yang terjadi adalah Overreved.

Overreved atau putaran mesin melebihi batas maksimum menjadi penyebab kuat jebluknya mesin Yamaha M1 di Mugello hari Minggu kemarin. Teori ini disampaikan oleh sumber internal di tim Yamaha, karena hingga saat ini Yamaha masih belum memberikan keterangan resminya mengenai penyebab kerusakan mesin M1.

Kenapa bisa terjadi overrevved?

Trek lurus di Mugello sepanjang 1141m adalah bagian trek di MUgello yang paling menyiksa mesin. Ditambah lagi permukaan aspal yang tidak rata dan bergelombang di beberapa titik menjadi alasan kuat terjadinya overrevved ini. Pada saat melewati permukaan tidak rata, ban belakang mengambang di atas permukaan aspal beberapa detik yang membuat putaran mesin yang melebihi batas maksimum sekitar 380km/jam, dan terjadilah overrevved ini.

Magnetti Marelli kurang canggih

Penggunaan elektronik standar Magnetti Marelli pada motor motor pabrikan dan satelit memang salah satu cara Dorna untuk mengurangi gap antara motor pabrikan dengan satelit. Dengan elektronik baru tentunya tidak secanggih elektronik pengembangan sendiri yang biasa mereka pakai musim lalu. Mereka perlu banyak melakukan penyesuaian dan pengembangan di elektronik baru ini.

Sebagai piranti yang mengatur kerja mesin, menurut Yamaha, kombinasi elektronik tahun ini masih kurang canggih dan tepat yang berpengaruh pada kegagalan mesin.
“Kombinasi dengan elektronik tahun ini, yang kurang canggih dan tepat, mungkin memiliki pengaruh dalam pengapian cut-off,” kata sumber Yamaha.

Pendinginan Mesin kurang

Selain dua faktor kunci yang disebutkan Yamaha di atas, analisa pengamat MotoGP seperti mesin overheat karena kurangnya pendinginan mesin M1 sepertinya sedikit banyak ikut berperan. Rossi menempel ketat Lorenzo selama 8 lap, dan beberapa kali mencoba melakukan slipstream untuk mengejar Lorenzo di trek lurus. Dengan melakukan slipstream, maka radiator M1 Rossi kekurangan pasokan udara untuk pendinginan karena tertutup Lorenzo. Pada saat di tikungan mungkin efeknya tidak begitu besar, tapi ketika masuk di trek lurus dengan kecepatan rata2 340 kpj, terjadi overreved, suhu mesin meningkat drastis, mesin overheat, ditambah lagi pendinginan dari radiator kurang….bisa dibayangkan sendiri bagaimana keadaan didalam mesinnya. Kemungkinan terjadi kegagalan mesin sangat mungkin terjadi.

Iklan

5 thoughts on “Overreved, Penyebab Kerusakan Mesin Yamaha M1 Rossi Di Mugello

  1. wah, mekaniknya belum secanggih alm. Om Chia, tuh, bisa bikin Suzuki RG Sports tunggangan Om Felix Judianto jaman dulu sanggup berkitir di 17.000 RPM tanpa overheat, he3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s