RIP Luis Salom: Race Tetap Di Gelar, Sirkuit Catalunya Jadi Sorotan!

image

Anangcozz – Dunia balap kembali berduka gan. Pembalap berbakat Luis Salom dari tim SAG meninggal dunia usai mengalami crash hebat saat FP2 Catalunya kemarin.

Dalam tayangan video yang terekam, terlihat motor Kalex yang dikendarai Salom kehilangan grip depan dan meluncur deras hingga membentur pembatas. Luis Salom yang sempat melepaskan diri dari motor pun ikut meluncur dan akhirnya menabrak motornya sendiri. Dari beberapa informasi Salom mengalami cedera leher yang parah akibat benturan tersebut. Salom segera di bawa ke rumah sakit terdekat dan sempat di lakukan operasi, namun sayang sekali nyawanya tidak tertolong.

Sirkuit Catalunya terkenal memiliki karakter tikungan yang cepat hampir disemua tikungannya, termasuk turn 12 ini. Setelah fast turn 11, dilanjutkan lagi fast turn 12 sebelum fast turn terakhir ke trek lurusnya. Dan anehnya di bagian tepi turn 12 ini tidak ada gravel, melainkan aspal runoff. Sehingga siapapun yang crash disini ada kemungkinan besar akan meluncur deras ke pembatas. Ini yang menjadi sorotan dari pengamat dan juga safety commission MotoGP.

Pasca insiden ini, atas persetujuan dari keluarga Salom’s, race hari minggu besok akan tetap digelar namun dengan sedikit perubahan layout sirkuit. Komisi keselamatan melakukan rapat bersama beberapa pembalap untuk membahas langkah selanjutnya. Dan keputusannya adalah untuk merubah layout Catalunya mengikuti layout yang digunakan F1. Ada perubahan pada turn 10 dan turn 12 yang dibuat lebih tajam. Dan di turn 12 ditambahkan cichane ke tikungan akhir sebelum trek lurusnya. Karena menggunakan layout baru, para rider diberikan kompensasi waktu 15 di FP3 agar terbiasa dengan layout baru ini.

Ngeri gan….tapi mungkin dengan terjadinya insiden ini, semua pihak akan semakin ketat melakukan pembenahan di sektor ini, termasuk pengalikasian gravel yang lebih mampu meredam kecepatan.

Video detik detik insiden Salom bisa di lihat dibawah ini.

Iklan

One thought on “RIP Luis Salom: Race Tetap Di Gelar, Sirkuit Catalunya Jadi Sorotan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s