Yamaha Jepang Recall 15.072 Unit MT25, R25, MT3, dan R3, Bagaimana Di Indonesia??

image

Anangcozz – Brosis sekalian, beberapa hari yang lalu Yamaha Jepang telah mengumumkan secara resmi recall terhadap total 15,072 unit pada model YZF R25, R3, MT25 serta MT3. Recall di lakukan karena adanya kemungkinan kegagalan kinerja pada beberapa komponen tersebut yang bisa mengurangi tingkat safety.

Ada 3 Komponen yang dinyatakan fail yakni

image

Prime mover (pompa oli)
Karena desain yang kurang sempurna, penggerak utama berpotensi tidak bisa bekerja dengan baik dalam menggerakkan pompa oli selama putaran tinggi.

image

Perangkat transmisi (pressure plate)
Bearing dianggap tidak cukup menahan tekanan piringan kopling sehingga saat pengoperasian secara berulang bisa merusak bantalan atau bearing.

image

Perangkat rem (selang rem)
Posisi pengikat selang rem terlalu dekat dengan radiator. Pada kasus terburuk selang bisa tersenggol radiator dan membuat kerusakan pada perangkat sehingga dikawatirkan akan mengurangi kemampuan pengereman.

Oleh karena itu, Yamaha Jepang akan melakukan recall dengan tindakan penggantian pada pompa oli serta idle gear. Mereka juga akan melakukan pengecekan menyeluruh pada bagian bearing kopling dan jika perlu diganti baru. Untuk selang rem, tindakan pertama akan diberi pengikat atau clamp tambahan untuk memastikan selang rem pada kondisi aman. Kecuali jika sudah terjadi cacat maka selang rem juga bisa diganti.

Dari total unit yang direcall adalah untuk motor produksi dari 6 Oktober 2014 – 23 Mei 2016.

Lalu bagaimana untuk motor produksi lokal dan dijual di Indonesia?? Hmmm… kalau mendengar kata recall, pasti sudah bikin was was para pemiliknya nih😂 Tapi jangan khawatir gan, justru recall ini adalah bentuk kepedulian pabrikan sebagai produsen kepada konsumennya. Dan karena semua model motor diatas adalah motor produksi lokal Indonesia, maka seharusnya untuk produksi lokal Indonesia pun juga harus di recall.

Terkait hal tersebut Yamaha Indonesia telah menyampaikan dalam web resminya akan segera melakukan recall dengan pengantian part baru secara cuma-cuma alias gratis untuk Yamaha R25 dan MT25. Untuk unit produksi yang akan di recall, Yamaha akan segera mengumumkannya lewat Web dan Jaringan Resmi Yamaha. Berikut ini tanggapan Yamaha Indonesia dalam web resminya.

Kepada Yth.

Pelanggan, Pemilik dan Pemakai Yamaha YZF-R25 dan MT25.

Terima kasih atas kepercayaan nya memilih dan membeli Yamaha YZF-R25 dan MT25.

Pada tanggal 14 Juni 2016, Yamaha Motor Company Jepang mengumumkan mengenai perbaikan beberapa komponen pada Yamaha YZF-R25, YZF-R25A, YZF-R3A, MT250 dan MT320.

PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, selaku produsen kelima produk global tersebut juga bertanggung jawab untuk menjamin kualitas sepeda motor Anda di Indonesia.

Dalam waktu dekat, kami akan segera mengumumkan tata cara penanganan pelanggan kami. Oleh karena itu, dimohon untuk menunggu sampai persiapan kami selesai. Pengumuman resmi akan kami sampaikan melalui website ini dan jaringan dealer resmi Yamaha.

Kami sangat menghargai bila Anda berkendara mengikuti buku petunjuk pemilik. Silahkan datang ke dealer resmi Yamaha terdekat bilamana Anda memiliki keluhan ini di sepeda motor Anda.

Terima kasih.

Salam Semakin Didepan

Nah, mantab bro…Yamaha Indonesia sudah bersedia melakukan recall. Mungkin ini adalah yang pertama pabrikan melakukan recall terhadap produknya. Semoga langkah ini bisa menjadi inspirasi pabrikan lainnya. Jangan malu untuk melakukan recall jika memang ada cacat atau kerusakan komponen karena proses produksi. Karena sebenarnya recall adalah bentuk tanggung jawab produsen kepada konsumen, bukan karena kualitasnya yang buruk..gak ada produk yang sempurna gan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s