MotoGP: Winglets Resmi Di Larang Mulai Musim 2017

image

Anangcozz – GPmania, penggunaan winglet pada motoGP hingga kini masih menjadi bahan perdebatan. Ada yang pro dan ada juga yang kontra. Hingga akhirnya hari Sabtu (25/6) kemarin Komisi Gran Prix yang terdiri dari Dorna, FIM, MSMA, dan IRTA telah melakukan pertemuan membahas penggunaan winglet pada motor motor MotoGP.

Dari hasil pertemuan tersebut akhirnya diputuskan penggunaan Winglet pada semua kelas MotoGP di larang!! Aturan ini mulai berlaku awal musim 2017 nanti untuk kelas MotoGP, sementara kelas Moto2 dan Moto3 sudah berjalan beberapa seri yang lalu.

Winglet mulai populer di dua musim terakhir yang dipelopori oleh Ducati dan akhirnya seluruh tim pabrikan mengikutinya. Manfaat dari penggunaan winglet ini adalah memberikan efek downforce atau daya tekan di bagian depan motor ketika berakselarasi. Sehingga motor tidak sampai wheelie dan ban depan memiliki traksi yang kuat menapak pada aspal.

Namun, karena dimensinya dan tingkat kekakuannya, dikhawatirkan winglet bisa membahayakan rider lain jika terjadi insiden. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu antara Iannone dan Lorenzo atau Dovizioso dan Pedrosa. Selain itu, untuk beberapa pembalap juga mengeluhkan kesulitan ketika akan melakukan overtaking ketika lawannya menggunakan winglet ini.
So, karena alasan safety dan kenyamanan tersebut akhirnya bye bye Winglet musim depan….

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s