Nasib CBR600RR Di Tentukan Akhir Tahun Ini?

image

Anangcozz – Brosis sekalian, berita mengejutkan datang dari sosok motor supersport Honda CBR600RR, motor supersport yang kalau di Asia populer diajang balap ARRC. Seperti yang diberitakan MCN, nasib CBR600RR akan ditentukan akhir tahun ini. Hal ini menyusul rencana pemberlakuan standar emisi Euro 4 di negara Eropa yang efektif berlaku mulai 1 Januari 2017.

Masih belum ada berita resmi dari Honda tentang masa depan dari CBR600RR tetapi sumber MCN di Jepang mengatakan jika Honda hingga kini belum ada fokus tindakan untuk mempersiapkan model terbaru dari CBR600RR. Sementara model yang ada saat ini hanya bisa dijual di sisa tahun ini saja.

Tidak hanya Honda dengan CBR600 nya saja…Yamaha dengan R6, Kawasaki dengan ZX6, Suzuki GSX R600 juga merasakan hal yang sama dengan aturan baru. Mereka harus bersiap dengan regulasi baru di benua biru tersebut. Namun berbeda dari Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki masih terus berupaya mempertahankan kelas ini. Karena selain masih populer, juga sebagai komitmen mereka menyediakan motor di semua kelas.

image

Mengapa Honda tidak melakukan upgrade kontrol emisi pada CBR600RR agar bisa lolos Euro 4?
Hal ini karena terkendala biaya pengembangan teknologinya gan. Biaya yang harus dikeluarkan untuk sebuah motor baru kelas 600cc hampir sama dengan biaya untuk motor 1000cc. Tingkat kompleksitas rekayasa yang sama, masalah part dan perangkatnya hampir sama, tuntutan konsumen untuk elektronik terbaru juga sama namun yang jadi masalah konsumen tidak ada yang mau menebus sang supersport dengan harga tinggi pula…
Istilahnya biaya produksi mahal, namun keuntungan produsen kecil, karena konsumen maunya harga murah.
Selain itu, dari data penjualan CBR600 sendiri beberapa tahun terakhir angkanya terus merosot dibawah target.

Sumber MCN Jepang mengatakan: “Ini bukan keputusan yang mudah untuk membuat beberapa di Honda karena CBR600 adalah sepeda yang telah memiliki banyak kepentingan untuk perusahaan selama bertahun-tahun, tetapi kenyataannya adalah model ini tidak menjual di angka yang dibutuhkan untuk membuatnya layak untuk dikembangkan.”

Untuk lolos Euro4 butuh biaya yang mahal dan ada banyak perubahan rinci yang harus dilakukan seperti penambahan part, ABS dan kontrol emisi baru sehingga membuat berat motor juga makin bertambah, kompleksitas dan biaya juga akan membengkak.
Apakah benar benar CBR600RR akan disuntik mati oleh Honda?? Kita tunggu keterangan resminya dari Honda nanti gan…

Iklan

3 thoughts on “Nasib CBR600RR Di Tentukan Akhir Tahun Ini?

  1. Ping balik: Muncul Teaser Yamaha R-Series, Inikah Yamaha YZF-R6 2017?? | AnangCozz's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s