Shock Depan Motor Bocor, Ketahui Penyebabnya Dan Segera Perbaiki Gan!

image

Anangcozz – Sobat sekalian, sedikit cerita nih tentang pengalaman ane dengan shock depan bocor. Dua hari yang lalu si Cebong (old CB150R) ane ketahuan suspensi depannya bocor. Sebelumnya ane kira bekas air hujan, tapi kok sebelah kanannya kering. Lalu saya colek dikit bagian yang basah, lha ternyata bukan air melainkan minyak atau oli shock depannya yang merembes keluar…alamat suspensi si Cebong bocor nih 😦

Penyebabnya masih kurang tahu persis, tapi kemungkinan karena kotoran debu atau pasir yang masuk ke dalam seal shocknya. Sebab beberapa minggu ini di tempat ane sering hujan dan jalanan kotor, dan ditambah lagi si Cebong belum sempat di cuci, padahal sudah kotor sekali. Kotoran kotoran yang masuk melewati karet atau dust seal bisa merusak seal shock di dalam tabung suspensi ini.

Seal shock berbentuk lingkaran mirip bearing/laher terletak dibagian atas dalam tabung suspensi. Fungsinya untuk menahan oil shock di dalam tabung. Seal shock ini sangat rentan terhadap kotoran kotoran, dan benda asing lainnya. Oleh karena itu dibagian atasnya di beri pelindung lagi sebuah karet yang di sebut dust seal tadi.

Tidak sampai disitu, cek juga bagian as shock / pipa suspensi bagian atasnya barangkali ada beret, atau goresan yang bisa juga menjadi penyebab bocornya suspensi. Jika ada baret atau cacat yang dalam, terpaksa harus ganti as shocknya. Namun dalam kasus motor ane cuma seal shocknya saja yang bermasalah.

Akhirnya esok pagi, gak perlu nunggu lama, ane bawa ke Ahass terdekat untuk diperbaiki. Shock bocor jika dibiarkan, lama lama volume minyak shock semakin berkurang, akibatnya akan terasa ketika kita mengendarainya. Motor akan seperti oleng dan gak seimbang, apalagi jika volume oil shock yang bocor sudah berkurang banyak. 
Biaya perbaikan di AHASS untuk suspensi depan bocor karena seal rusak dan bagian apa saja yang diganti bisa sampeyan lihat dibawah ini.

image

Seal Shock + Oil Shock : 55.000
Jasa perbaikan : 20.000
Total : 75.000

Note: Jumlah biaya perbaikan di bengkel lainnya mungkin berbeda, tapi tidak akan terpaut jauh.

Seal shock yang diganti cuma satu bagian saja yakni yang rusak, sementara seal shock satunya lagi yang masih bagus dipakai kembali. Sedangkan untuk oil shocknya di ganti semua.

Nah, demikian pengalaman ane dengan suspensi depan motor bocor gan. Saran ane apapun jenis motornya, apapun merek motornya, selama masih punya shock depan jangan lupa jaga kebersihan bagian vital tersebut dari kotoran kotoran apalagi pas musim campuran kayak gini, pagi hujan, siang panas, sore mendung… 😂
Semoga berguna.

Iklan

9 thoughts on “Shock Depan Motor Bocor, Ketahui Penyebabnya Dan Segera Perbaiki Gan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s