Tiga Kesalahan Fatal Valentino Rossi Saat Race Sachsenring

image

Anangcozz – Valentino Rossi harus puas finish urutan ke 8 saat race Sachsenring kemarin. Hal ini memang sangat disayangkan karena secara keseluruhan dengan kondisi trek dan motor, Rossi memiliki peluang menang cukup besar. Namun karena tiga kesalahan saja, Rossi harus kembali mengubur ambisi tersebut. Apa saja 3 kesalahan Rossi di Sachsenring ? Berikut analisanya…

1. Telat Masuk Pit
Mungkin ini adalah kesalahan paling fatal dilakukan Valentino Rossi. Memasuki lap ke 21 sebenarnya kondisi trek sudah terlihat mengering pada racing line sirkuit. Meski para kru dan tim sudah memberi isyarat untuk segera masuk pit, Rossi (ngeyel) malah lebih memilih untuk tetap menggunakan ban basah dan bertarung dengan 5 pembalap lainnya.  Sementara di tempat lain, di lap 19 Marquez berganti dengan ban slick depan belakang mampu memangkas waktu rata rata 4,5s lebih cepat dari Rossi. Gap antara Rossi dan Marquez adalah kurang lebih 20s, dan Rossi baru berganti motor di lap 25. Bisa di hitung, selama 6 lap sejak Marquez berganti motor di kalikan 4,5s….Gap 20s dari Rossi langsung dibabat Marquez. Jadi meskipun sempat tercecer ke posisi 14, Marquez bisa dengan mudah mengejar pembalap lain didepannya termasuk Valentino Rossi. Lebih jelasnya lihat tabelnya berikut ini:

image

2. Salah Dalam Memilih Ban Intermediette
Ini adalah kesalahan fatal kedua yang dilakukan Rossi. Sudah telat masuk pit, ternyata motor kedua menggunakan spek ban yang salah. Rossi bukannya keluar dengan ban slick malah dengan ban intermediette (tengah – tengah antara basah dan kering). Ketika trek sudah mengering total, ban intermediette tidak mampu bekerja optimal layaknya ban slick. Hasilnya bisa di lihat, meski sudah berganti motor Rossi tidak mampu mengejar pembalap lain meski sekelas LCR Honda yang di tunggangi Cal Crutchlow yang menggunakan ban slick. Sudah jatuh ketimpa tangga…. 😫

Rossi: “Masalah terbesar adalah saya sangat lambat di race kedua dengan ban intermediette di jalur yang mulai mengering. Saya tidak memiliki feeling dengan sepeda. Saya sangat lambat di lap pertama, sepuluh detik, karena saya tidak memiliki feeling dengan motor dan juga ban.”

3. Lambat Melakukan Pergantian Motor Di Pit
Rossi sedikit kurang cepat saat mengganti motor di pit (mungkin faktor usia atau bisa juga karena kurang siap). Dia kehilangan beberapa detik di pit dan akhirnya harus kehilangan 2 posisi oleh pembalap lain saat keluar pit. Tentu ini juga merugikan, meskipun tidak terlalu berpengaruh apabila Rossi tidak melakukan kesalahan nomor 1 dan 2.

Demikian gan analisanya kenapa kok Rossi memble di race Sachsenring kemarin. Mungkin ada yang mau menambahkan atau punya pendapat lain. Monggo komennya…. :mrgreen:

Iklan

4 thoughts on “Tiga Kesalahan Fatal Valentino Rossi Saat Race Sachsenring

  1. kadang ga habis pikir rossi yang telah berpengalaman bertahun-tahun bisa salah strategi,,, dia lebih fokus ngikutin strategi pit DOvi,,,skrg kondisinya semakin berat untuk mengejar marquez. padahal musim ini motor Yamaha lagi kenceng…tapi malah banyak bikin kesalahan sendiri.
    saya kadang berfikir andai rossi gak masuk pit sekalian tapi terus lanjut balapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s