KPPU Tuding Honda Dan Yamaha Melakukan Kartel

image

Anangcozz – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), menuding adanya pelanggaran yang dilakukan Yamaha dan Honda. Keduanya diduga bekerja sama melakukan kartel untuk mengatur harga motor terutama jenis skutik. Lalu apa sih yang dimaksud dengan kartel??

Pengertian Kartel,
Arti kata Kartel menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ada dua pengertian:
1. Jika merujuk dalam istilah kata benda berarti organisasi perusahaan besar (negara dan sebagainya) yang memproduksi barang yang sejenis.
2. Sedangkan dalam lingkup istilah manajemen berarti persetujuan sekelompok perusahaan dengan maksud mengendalikan harga komoditas tertentu.

Jadi jelas didalam kartel ada usaha dari dua atau lebih produsen independen yang bertujuan menetapkan harga, untuk membatasi suplai dan kompetisi atau istilahnya memonopoli pasar. Dalam wikipedia bahasa Indonesia dijelaskan Kartel dilakukan oleh pelaku usaha dalam rangka memperoleh market power. Market power ini memungkinkan mereka mengatur harga produk dengan cara membatasi ketersediaan barang di pasar. Pengaturan persediaan dilakukan dengan bersama-sama membatasi produksi dan atau membagi wilayah penjualan.

Dalam kasus dua raksasa produsen motor tanah air ini, KPPU telah melakukan penyelidikan selama 2 tahun pada 2013-2014 pada skuter matik berkapasitas mesin 110-125 cc. KPPU mengantongi dua bukti, salah satunya percakapan internal Yamaha lewat surat elektronik. Alat bukti yang ditemukan menjadi alasan KPPU untuk memanggil kedua perusahaan dalam sidang pemeriksaan. 

Majelis komisi akan melakukan pemeriksaan pendahuluan dalam jangka waktu 30 hari terhitung sejak 19 Juli 2016 hingga 30 Agustus 2016 untuk menyimpulkan perlu atau tidak dilakukan pemeriksaan lanjutan.

Pada hari Selasa kemarin KPPU memanggil pihak Yamaha dan Honda ke sidang pemeriksaan pertama. Namun sayangnya hanya Yamaha saja yang hadir, sementara Honda tidak hadir. Rencananya pertemuan kedua akan dilakukan Selasa 26/7/2016.

Honda membantah soal surat elektronik sebagai bukti kartel,

Sebelum sidang kedua Selasa depan, PT Astra Honda Motor (AHM) menekankan bahwa soal surat elektronik itu bukanlah bukti atas tudingan kartel. Bantahan ini diungkapkan oleh Deputy Head Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbudin kepada Detikoto.

“Soal email yang disampaikan di pengadilan, kalau kita pelajari, email itu antara internal Yamaha, tidak antara Honda dengan Yamaha,” ujarnya kepada wartawan di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, kemarin.

Muhib menyampaikan, tuduhan kepada pihak AHM atas bukti surat elektronik tersebut tidak bisa menjadi kesimpulan bahwa AHM terlibat dalam kartel. Sebab, menurut dia, surat elektronik itu tidak melibatkan pihak Honda.

Last, untuk informasi lebih gamblangnya mengenai kartel ini, dan adakah bukti bukti lain yang dikantongi KPPU, kita harus menunggu sidang kedua nanti gan.
Semoga berguna.

Iklan

5 thoughts on “KPPU Tuding Honda Dan Yamaha Melakukan Kartel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s