Stoner Dan Lorenzo: Tikungan 2 (Remus) Titik Paling Berbahaya Di Sirkuit Spielberg, Austria!!

image

Anangcozz – Gpmania, tiga minggu lagi kita akan menyaksikan seri MotoGP Sirkuit RedBull Ring, Spielberg, Austria untuk pertama kalinya. Sirkuit ini memiliki layout yang tergolong cepat (bahkan paling cepat musim ini) dan sekaligus berbahaya. Hal ini dibenarkan oleh beberapa pembalap yang telah melakukan ujicoba sirkuit ini beberapa waktu lalu.

Sirkuit Spielberg Austria ini tergolong fast track dengan banyak trek lurus dan sedikit tikungan. Dengan panjang 4,3km, hanya ada 2 tikungan kiri, 7 kanan dan trek lurus 625m. Ditambah lagi ini adalah balapan pertama sejak 1997. Para pembalap minim pengalaman, dan tidak begitu tahu seluk beluk mengenai karakter sirkuit. Menjadikan sirkuit ini sangat menguras performa mesin, performa ban dan cukup mengkhawatirkan mengenai keselamatan pengendara.

Jorge Lorenzo memberikan pendapatnya mengenai sirkuit ini. Menurutnya hard braking turn 2 paling berbahaya karena memiliki dinding pembatas yang terlalu dekat dengan lintasan.

“Trek cepat, landasan yang baik namun ada tiga atau empat tempat di mana dinding pembatas terlalu dekat dan bisa berbahaya bagi MotoGP. Sulit untuk mengubahnya, tapi untuk tahun selanjutnya kita akan mencoba untuk meningkatkan keselamatan,” Lorenzo menjelaskan.”

image

“Menurutku tikungan 2 (remus) yang paling buruk, karena kita datang dengan kecepatan 340-350kmh dan kita condong ke kiri. Pada saat mengerem, di sisi kiri kita ada dinding yang sangat dekat. Ini berbahaya. Di beberapa lokasi pengereman juga memiliki area runoff yang minim sehingga sedikit berbahaya. Lalu di tikungan terakhir juga, jika Anda mengalami highside anda bisa menabrak dinding pembatas.” Kata Lorenzo kepada Crash.

Casey Stoner yang ikut ambil bagian dalam tes dua hari di Spielberg juga memberikan perhatiannya terutama di turn 2. Berikut ini beberapa foto area runoff dan dinding pembatas sirkuit di turn 2 yang menurutnya berbahaya.
@Official_CS27

Senada dengan Lorenzo dan Stoner, menurut Valentino Rossi ada beberapa titik yang cukup berbahaya, salah satunya adalah tikungan terakhir.

“Saya mengenal sirkuit ini, dan saya pernah ke sana 20 tahun lalu saat di kelas 125cc. Namun, saya tak terlalu mengingatnya,” kata Rossi kepada AutoSport.

“Tapi beberapa pembalap sudah menggunakan trek ini, seperti Marc Marquez.  Bagi saya, ada tiga atau empat titik yang cukup berbahaya di sirkuit ini seperti pada tikungan terakhir,” lanjut pembalap Movistar Yamaha itu.

Last, memang cukup riskan ya, jika melihat karakter sirkuit ini. Semoga saja tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan saat race nanti. Dan selanjutnya, mungkin harus ada sedikit renovasi dibeberapa titik yang berbahaya tadi, terutama area runoff dan dinding pembatas lintasan.

Iklan

2 thoughts on “Stoner Dan Lorenzo: Tikungan 2 (Remus) Titik Paling Berbahaya Di Sirkuit Spielberg, Austria!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s