Perbandingan Spesifikasi CBR250RR VS R25 Dan Ninja 250

image

Anangcozz – Sobat, meski AHM belum membeberkan berapa power maksimal dan torsi maksimal CBR250RR dalam spesifikasinya, namun cukup menarik juga jika kita bandingkan spek mesin ketiganya. Dari data spesifikasi dasar, kita bisa melihat perbedaan karakter perfoma mesin yang dibawanya.

Seperti yang kita ketahui, bore x stroke yang dimiliki CBR250RR mirip dengan Ninja 250, hanya beda stroke nya 0,2 mm saja.
– CBR250RR 62 x 41,4 mm
– Ninja 250 Fi 62 x 41,2 mm
– R25 60 x 44,1 mm.
Terlihat Yamaha R25 dengan mesin sama sama overbore, namun nilai stroke nya paling besar dan bore paling kecil. Khas sekali dengan karakter motor motor Yamaha yang lebih mengutamakan tarikan awal atau torsi yang lebih galak.

Secara teori, dari data angka bore x stroke CBR250RR memiliki karakter mesin overbore yang mirip dengan Ninja 250. Tentunya dengan mesin yang lebih overbore ini, biasanya memiliki nafas mesin di putaran atas lebih tinggi dan potensi power lebih besar. Namun efeknya Torsi kalah dengan mesin yang memiliki stroke lebih tinggi. Namun teori ini tidak mutlak, karena ada banyak faktor lain yang bisa mempengaruhinya.

Menurut gosip yang beredar saat ini, mesin Honda CBR250RR mampu melengking hingga 14.000 rpm lebih. Dan kemungkinan besar akan memiliki output power paling besar dikelasnya. Potensi power besar CBR250RR melebihi power R25 saat ini cukup logis jika melihat bore x stroke diatas. Selain itu CBR250RR juga di dukung aspek lain seperti rasio kompresi yang tinggi, throttle bodi yang lebar, air intake model downdraft dan pengaplikasian air scoop di fairing depan yang mampu mendongkrak performa maksimalnya. Weeww…sebagai penantang terakhir sangat masuk akal jika power CBR250RR paling besar.

Sementara itu, Ninja 250 yang memiliki power mesin terkecil juga jangan berkecil hati. Karena dengan konstruksi mesin yang mirip dengan CBR250RR, performa Ninja 250 masih bisa ditingkatkan lagi bahkan diatas CBR250RR sekalipun. Tentunya dengan banyak perubahan di sana sini, dan itu akan menjadi senjata Kawasaki nanti di next Ninja 250…semoga saja, ditunggu kehadirannya…hehehe.

Berikut ini perbandingan spesifikasi CBR250RR vs Ninja 250 vs R25:

image

Iklan

One thought on “Perbandingan Spesifikasi CBR250RR VS R25 Dan Ninja 250

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s