Analisa Race MotoGP Ceko: Pilihan Ban Tepat, Antarkan Crutchlow Dan Rossi Kuasai Podium Ceko

image

Anangcozz – Wet race MotoGP Ceko berlangsung dramatis meski tanpa ada pertarungan sengit antar rider, karena disaat beberapa rider drop di awal race, beberapa lainnya sangat kuat. Begitu sebaliknya di akhir race…dan saya melihat Marquez mampu bertahan meski dengan ban soft depan belakang pilihannya. Strategi pemilihan ban menjadi kunci utama kesuksesan Cal Crutchlow dan Valentino Rossi. Cal Crutchlow memutuskan berganti ban hard depan belakang ketika di grid sebelum race dimulai. Sebelumnya dia menggunakan ban Soft-Soft. Sementara itu Rossi memutuskan menggunakan ban soft depan dan hard belakang.

Cal yang start di posisi 10 drop ke posisi 15 dan kesulitan di 4-5 lap awal dengan ban Hard-Hard yang digunakannya. Beberapa kali dia hampir jatuh karena genangan air masih banyak. Hal ini juga dirasakan Rossi di lap lap awal hingga dia drop ke posisi 13. Ban hard memang kurang efektif ketika lintasan sangat basah…berbeda dengan mereka yang memilih ban soft, mereka bisa mem-push motor sejak awal balapan.

Tapi seperti pepatah mengatakan… “habis gelap terbitlah terang”, setelah lima lap berlalu, genangan air mulai menipis, dan ban hard mulai mendapatkan grip terbaiknya. Cal mulai menggila, dia berhasil mencetak fastest lap di lap 7 dan mulai perburuan. Begitu juga Rossi, laptimenya semakin cepat. 10 lap akhir, Cal sudah berada di barisan depan, dan satu persatu pembalap didepannya di ganyang.
“Setelah 5 lap berlalu aku merasa OK, dan ketika mulai mengering, aku bisa melihat pembalap terdepan dan aku tahu kita memiliki kesempatan,” kata Cal Crutchlow.

Valentino Rossi cukup puas dengan hasil podium 2 yang diraihnya. Namun dia menyayangkan dirinya tidak memilih opsi ban depan hard seperti Crutchlow. Sehingga Rossi pun realistis mengakui tidak cukup kuat untuk mengejar Crutchlow.
Ini sangat beresiko tapi di akhir kit mencoba, tapi sayangnya kita tidak memilih ban hard didepan karena pagi tadi aku tidak memiliki feeling yang bagus dengan ban soft. Sehingga aku tidak cukup kuat seperti Crutchlow.” Ujar Rossi kepada crash.net

Marc Marquez finish podium 3 mengaku salah dalam memilih strategi. Dia start dengan ban soft depan belakang karena berharap akan terjadi flag to flag di pertengahan balapan. Tapi nyatanya tidak demikian, aspal tidak cepat mengering hingga lap lap akhir. Sehingga tidak ada cara lain selain mempertahankan ritme agar ban tidak cepat habis. Akhirnya di lap lap akhir Marquez berhasil melibas Barbera dan Iannone yang sudah hancur ban depannya untuk memastikan posisi ketiga.
“Hari ini, kita tidak melakukan strategi terbaik atau pilihan ban terbaik. Tapi Ok, ini murni keputusanku, karena jujur aku berharap akan flag to flag race. Normalnya, lintasan bisa kering dengan cepat, tapi ternyata tidak. Dan ketika aku menyadari race akan tetap basah, aku berkata Ok, aku akan mengatur ban (agar tidak cepat habis).” Kata Marquez.

Dengan hasil ini, Marquez masih kokoh di puncak klasemen dan Rossi berhasil menggeser klasemen dua dari Lorenzo. Gap poin Marquez dengan Rossi kini adalah 53 poin…cukup sulit bagi Rossi untuk mengejar ketertinggalan apalagi jika Marquez selalu tampil konsisten sepanjang musim.

Iklan

One thought on “Analisa Race MotoGP Ceko: Pilihan Ban Tepat, Antarkan Crutchlow Dan Rossi Kuasai Podium Ceko

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s