Ban Depan Michelin Mengelupas, Lorenzo Kecewa Gagal Raih Poin Di GP Ceko

image

Anangcozz – GPmania, sebenarnya tidak hanya Lorenzo saja yang kecewa dengan ban depan Michelin, Dovizioso dan Iannone juga demikian. Jorge Lorenzo kecewa dengan hasil race MotoGP Ceko kemarin lantaran ban depan yang digunakannya mengelupas di pertengahan balapan. Kondisi ban depan yang rusak memaksa Lorenzo untuk masuk pit di sisa 7 lap akhir dan harus kehilangan banyak waktu dan posisi.

Dari bukti gambar ban depan Lorenzo dan Iannone dibawah ini memang terlihat ban depan mengelupas, jika dipaksakan bisa saja menyebabkan crash. Akhirnya Lorenzo terpaksa masuk pit. Tapi lagi lagi apes…kru Lorenzo mengira Lorenzo masuk pit ingin ganti motor dengan ban slick, padahal Lorenzo ingin ganti motor dengan ban sama. Akhirnya Lorenzo harus masuk pit 2 kali… wkwwkkwk.

“Ban memang terlihat masih sempurna. Mungkin itulah kenapa kru tidak mengerti kenapa saya ganti motor. Aku berganti dengan motor ban slick, namun aspal tidak terlalu kering, sehingga sangat berbahaya. Akhirnya aku kembali lagi ke pit untuk kedua kali.”

“Saya kurang beruntung, karena kita tidak bisa menyelesaikan balapan dengan kondisi ban seperti yang dialami Dovi dan Iannone. Yang jelas hal ini tidak boleh terjadi lagi. Michelin harus belajar dari pengalaman ini agar tidak terulang dimasa depan. Boleh saja ban terkikis tapi jika potongan karet sampai lepas ini yang parah. Sungguh apes memang karena ban aku gagal mendapatkan poin. Aku merasa aku bisa lebih cepat dan bisa finish ketiga, mungkin juga kedua.” Ungkap Lorenzo.

image

Ban depan Lorenzo

image

Ban depan Iannone

Memang seperti biasanya performa Lorenzo kurang greget saat balapan di kondisi basah. Namun dengan karena pemilihan ban yang tepat, ada kemungkinan posisi Lorenzo bisa lebih baik di race kemarin sob. Lorenzo memilih ban hard belakang dan soft depan seperti rekannya Valentino Rossi. Pemilihan ban sudah benar, tapi naas ban depan Lorenzo mengelupas di tengah tengah balapan…apesss tenan bro. Sementara ban depan Iannone lebih parah kerusakannya karena terus dipaksa hingga akhir balapan.

Karakter ban hard yang tidak cepat panas memang memaksa rider sedikit keteteran di awal balapan, Rossi drop ke posisi 12 Lorenzo 13 dan Crutchlow drop ke posisi 16. Namun ketika masuk 5 lap lebih ban hard semakin membaik dan kecepatan pembalap semakin cepat, bisa dilihat dari Cal dan Rossi yang mulai merangkak naik posisinya. Bahkan ketika mereka yang menggunakan ban soft sudah kehabisan grip, ban hard masih bisa bertahan.

Dengan kondisi ini, Ban Michelin lagi lagi perlu dipertanyakan kualitasnya. Sebab di masa Bridgestone kita tidak menjumpai masalah ban rusak hingga mengelupas seperti ini. Kalau ban terkikis habis itu bisa di maklumi, tapi kalau mengelupas??? Bisa berbahaya bagi ridernya. Ban mengelupas sepertinya sudah menjadi ciri khas Michelin, kejadian mirip pernah dialami beberapa rider lain seperti Loris Baz dan Scott Redding.
Masih banyak PR bagi Michelin untuk memperbaiki kekurangan kekurangannya terutama ban basahnya, agar kejadian ban mengelupas tidak terjadi lagi.

Iklan

5 thoughts on “Ban Depan Michelin Mengelupas, Lorenzo Kecewa Gagal Raih Poin Di GP Ceko

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s