Review Riding Harian Honda Supra GTR150: Excited Handling, Performa Tak Diragukan

image

Anangcozz – Brosis sekalian, kali ini ACB sedikit share nih tentang bebek super Honda yakni All new Supra GTR150 yang resmi meluncur akhir Mei lalu. Kemarin kita sudah bahas detil fisiknya lewat Galeri Lengkap (disini), dan kali ini kita akan bahas bagaimana impresinya saat digunakan untuk riding harian. Selama 5 hari ACB berkesempatan untuk menjajal langsung All New Supra GTR150 baik sendirian maupun boncengan…

Mendengar nama Supra pasti yang terlintas dibenak kita adalah yang layaknya bebek Supra kebanyakan yang bermesin selonjoran dengan ergonomi tegak karena posisi setang yang agak tinggi. Gak heran, teman teman dan orang orang sekitar ane heran dan merasa gak percaya…“Eh beneran Supra nih??, Mesinnya kok gede gitu…”
Tapi jangan salah, Supra GTR150 ini jangan disamakan dengan bebek Supra lainnya. Perbedaannya sangat radikal mulai dari desain, ergonomi, handling dan juga mesin yang dibawanya.

image

Ergonomi

Ergonomi,
Supra GTR150 memiliki ergonomi yang cukup sporty, karena posisi setang lebih rendah dibandingkan kebanyakan motor bebek. Posisi setang yang agak rendah ini sepertinya untuk memaksimalkan handling agar lebih lincah. Sedangkan posisi footstep tetap sama seperti bebek lainnya agak maju, sehingga kaki lebih relaks dan membuat badan gak membungkuk. Joknya lebih tinggi dan busa nya agak keras, kayak motor sport…ACB dengan tinggi badan 165 cm, agak jinjit sedikit lho.

Handling,
Inilah yang menurut saya perubahan pada Supra GTR150 yang sangat signifikan. Handlingnya mantab banget, lincah dan enteng buat belak belok dan bermanuver. Ini tak lain karena perubahan posisi setangnya yang agak rendah sob. Kalau yang sudah terbiasa pake gen Supra atau bebek Honda lainnya pasti terasa sekali perubahan handling nya. Ditambah lagi dengan ukuran ban 90 depan dan 120 belakang, sangat pede ketika motor diajak berlari dengan kecepatan tinggi. Gak ada gejala goyang atau seperti melayang saat high speed.

Pengereman
Begitu juga saat pengereman, dengan diameter cakram depan yang lebar yakni 256 mm satu piston, rasanya sudah sangat pakem untuk urusan menghentikan laju motor. Hard braking dengan rem depan sangat mumpuni. Untuk rem belakangnya menggunakan cakram 220mm.

Suspensi
Suspensi depan Supra GTR150 reboundnya cukup nyaman sekali. Gak terlalu lembut juga gak terlalu keras. As shock depan dengan diameter 31mm, paling kekar di kelas bebek karena ukuran ini sama seperti yang dipakai motor sport Honda. Tidak ada masalah untuk suspensi depannya.
Sementara suspensi belakang menggunakan monoshock konvensional. Tipikal suspensi belakang agak keras, jadi kalau melewati jalanan rusak agak terasa guncangannya, tapi ketika dipakai boncengan, reboundnya nyaman banget meskipun lewat jalanan rusak…

Performa
Menggendong mesin 150cc, near square DOHC, berpendingin radiator, PGM-Fi, dengan 6 percepatan sepertinya sudah lebih dari cukup untuk mengakomodasikan segala keinginan penggunanya. Mau santai oke…mau geber dengan kecepatan tinggi silahkan.
Tarikan mesin responsif baik di awal maupun pada rpm tinggi. Yang saya suka dari karakter mesin Supra GTR150 adalah distribusi tenaga yang merata disetiap rpm nya. Mulai awal hingga masuk ke rpm tinggi 9000 keatas tidak terasa power mengalami drop…

Topspeed
Soal topspeednya, jujur ane belum melakukan tes gan…karena riding harian di jalanan umum dan beresiko, sehingga gak berani terlalu mem push motor. Namun beberapa kali sempat mencoba geber ketika jalanan agak sepi, Supra GTR150 melaju hingga 115 kpj on the spedometer dan itu masih sangat bisa di geber lebih kencang lagi jika lintasan mendukung.

Pancaran cahaya lampu LED utama

image

High beam

image

Low beam

Oke last, demikian sekilas review riding harian bersama All New Supra GTR150. Lahir sebagai generasi Supra terbaru dengan konsep bebek penjelajah, Supra GTR150 memberikan sensasi berkendara yang lebih dari sekedar naik motor bebek biasa

Iklan

4 thoughts on “Review Riding Harian Honda Supra GTR150: Excited Handling, Performa Tak Diragukan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s