Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Jawa Timur, Mulai September Hingga Desember 2016!!

image

Anangcozz – Kabar gembira buat warga Jawa Timur, karena Pemerintah Provinsi Jatim memberikan keringanan dan intensif pajak kendaraan bermotor atau kalau di masyarakat biasa di sebut “Pemutihan“. Jangka waktunya cukup lapang, sehingga masbro dan mbak sis bisa lebih fleksibel mengatur waktunya mengurus pajak kendaraan yakni mulai 5 September hingga 3 Desember 2016. Masyarakat yang belum/telat membayar pajak kendaraan bermotor nya akan dibebaskan dendanya.

Pemutihan Pajak ini sesuai dengan Perda Jawa Timur Nomor 9 Tahun 2010 tentang Pajak Daerah, serta Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 44 Tahun 2016 tentang Pemberian Keringanan dan Pembebasan Pajak Daerah Untuk Rakyat Jawa Timur Tahun 2016.

Pemberian keringanan dan pajak daerah ini meliputi:
1. Pembebasan pokok dan sanksi administratif (denda) berupa kenaikan atau bunga Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) atas penyerahan kedua dan seterusnya.
2. Pembebasan sanksi administratif (denda) berupa kenaikan atau bunga Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang berlaku untuk semua jenis kendaraan bermotor, baik roda dua, roda tiga, roda empat atau lebih.

image

Kepala Dinas Pendapatan Jawa Timur Bobby Soemiarsono mengatakan kebijakan ini dalam rangka mengurangi beban pemilik kendaraan yang terkena dampak perlambatan ekonomi. Pihaknya berharap, masyarakat dapat memanfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya. Ia menjelaskan, kebijakan ini juga sebagai bentuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor dan melakukan pendaftaran kepemilikan kendaraan bermotor, khususnya penyerahan kedua, dan seterusnya. Tujuan lainnya adalah mengurangi wajib pajak yang tidak melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, sumbangan wajib kecelakaan lalu lintas jalan, serta pengesahan STNK setiap tahun.

Nah, buat teman teman yang mungkin belum atau telat membayarkan pajak kendaraannya silahkan segera di urus pajak nya mumpung ada pemutihan sehingga tanpa dikenai denda. Begitu juga yang mau balik nama, daripada wara wiri pinjam KTP pemilik lama, mending segera balik nama atas nama diri sendiri atau istilah jowone di Suwalikno…ngoten. Pemutihan pajak ini berlaku untuk semua jenis kendaraan, baik roda dua, tiga, empat atau lebih…

Matur nuwun.

Iklan

7 thoughts on “Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Jawa Timur, Mulai September Hingga Desember 2016!!

  1. Mau nanya kang…. q durung paham,, q kn py motor d depok jabar , atas nama temen q yg ktp depok…
    Pertinyi innyiii…..
    Q mau balik nama pakek nama sendiri, ktp q bojonegoro jatim kang …
    Lha piye carane … menggunakan pemutihan pajak…
    Tlg d jawab yg sejalas2 y kang
    Matur suwun. ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s