Pilih Yamaha S-Max atau NVX Untuk Lawan Vario 150??

image

Anangcozz – Sebenarnya bukan kebiasaan Yamaha melawan Kompetitor dengan produk yang langsung head to head secara desain, mesin dan fitur. Katena mereka lebih suka bermain dengan sesuatu yang baru, yang kiranya belum dimiliki lawan…kecuali soal Fitur, mau tidak mau sepertinya mereka harus belajar dari lawan mereka misal ISS di Honda dan SSS di Yamaha. Seperti beberapa hari ini, banyak spekulasi mengenai calon skutik baru Yamaha dengan Kode B65 yang kemungkinan akan ditandemkan dengan Yamaha NMax 155. Apakah Yamaha NVX seperti Vietnam, atau skutik bongsor S-Max?

Kita tahu Yamaha Nmax mendapat respon yang sangat baik dari konsumen. Hal ini tak lain karena daya tarik desain skutik premium Nmax ala skutik Eropa yang di kemas dengan harga lokal. Satu satunya kelas skutik yang menjadi tulang punggung Yamaha ketika skutik konvensional mereka melempem melawan skutik Honda.

Maka untuk memperkuat lini skutik bongsor mereka ini, perlu satu tameng lagi mengisi space kosong dibawah Nmax tapi diatas skutik 125cc Yamaha, sebelum Honda masuk ke kelas skutik bongsor ini. Dikelas ini sudah ada Honda Vario 150 yang berdiri sendiri tanpa lawan. Maka pilihan yang paling relevan saat ini hanya dua…antara Yamaha NVX yang sebentar lagi launching di Vietnam, atau Yamaha S-Max yang memiliki garis desain ala Nmax.

Keduanya memiliki desain yang kurang lebih sama sama bongsor. Mesin ada kemungkinan sama sama memakai basis mesin Nmax yakni 155cc plus VVA, dengan tambahan bluecore. Tapi konsep kedua skuter ini yang berbeza gaes…
Pertama, NVX dengan dek tidak rata ala Yamaha Nouvo. Sedangkan S-Max dengan dek rata tapi desain ala Yamaha Nmax. Secara fungsi, dek rata lebih fungsional ketimbang  dek tak rata.
Kedua, NVX sebagai supersport scooter desain nya lebih maskulin dengan garis garis tajam, sekilas ada rasa Aerox nya sementara S-Max lebih menonjolkan sisi eleganitasnya sebagai skuter premium Eropa.

Karena NVX akan segera launching bulan ini di Vietnam, maka tidak salah jika banyak spekulasi muncul jika NVX lah yang akan meluncur di Indonesia. Tapi itu masih sebatas spekulasi gan….kebenarannya masih belum pasti. Masih ada kemungkinan jika S-Max yang bakal meluncur di Indonesia…karena pada dasarnya pasar skutik di Indonesia itu berbeda dengan Vietnam.

NVX di Vietnam itu wajar….karena disana lawannya adalah Honda Airblade yang memiliki kesamaan garis desain dek tidak ratanya dan merupakan skuter paling laris disana. Sementara di Indonesia, beda lagi pasarnya. Lawannya adalah Vario 150 yang memiliki dek rata. Yamaha Aerox 125 yang memiliki garis desain mirip NVX ini pun di Indonesia tidak ada gaungnya sama sekali melawan Vario.

Maka kenapa S-Max patut diperhitungkan adalah karena,
– S-Max memiliki dek rata yang bisa menjadi opsi pilihan lain dari Nmax yang ber dek tidak rata.
– Desain S-max ala skutik Eropa seperti Nmax bisa menjadi pilihan untuk memperkuat imej Yamaha sebagai pelopor skutik bongsor bergaya Eropa.
Secara pribadi, ane melihat potensi pasar keluarga Max Series tampaknya lebih menjanjikan ketimbang NVX di Indonesia.

Jadi….kira kira siapa yang akan diboyong Yamaha Indonesia?? NVX atau S-Max??

Iklan

6 thoughts on “Pilih Yamaha S-Max atau NVX Untuk Lawan Vario 150??

  1. kalo boleh usul ke YIMM, masukkan saja keduanya, karena dengan diversifikasi yang lebih beragam, konsumen akan diuntungkan dengan opsi yang lebih banyak, seperti halnya Honda yang tempo hari punya dua seri Beat, bahkan Vario ada tiga, 110, 125, dan 150, jadi tidak ada salahnya jika NVX sebagai penerus generasi skutik Yamaha berDNA sporty, smentara SMax yang notabene desainnya mendekati NMax bisa jadi alternatif bagi yang ingin punya NMax tapi tidak punya budget mencukupi (tapi kemungkinan besar SMax bakalan makan market kakaknya sendiri).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s